10 Ide Bisnis Sampingan yang Cocok Bagi Pelajar

Anda seorang pelajar yang ingin mempunyai tabungan, entah itu untuk modal usaha, untuk biaya kuliah, atau sekadar untuk tambahan uang saku, sementara uang saku pas-pasan? Atau anda ingin membantu keluarga karena faktor ekonomi yang mendesak? Jangan khawatir, KonsultasiBisnis.com akan paparkan 10 peluang usaha sampingan yang bisa Anda kerjakan di sela-sela kesibukan sekolah.

Anda tidak perlu bolos sekolah, atau bahkan berhenti sekolah, karena ide bisnis ini sifatnya fleksibel, bisa dikerjakan kapan saja dan di mana saja. Dengan catatan anda konsisten dalam menjalaninya.

Banyak sekali pelajar kreatif yang sukses melebihi pebisnis profesional pada umumnya, karena mereka rela menghabiskan waktu luangnya untuk merintis usaha mulai dari nol dengan usia mereka yang masih duduk di bangku SMA/SMK. Jadi tidak heran jika banyak pebisnis muda yang penghasilannya sudah mencapai puluhan juta rupiah per bulannya dari hasil kerja keras dan tidak kenal menyerah yang selama ini mereka pertahankan.

Berikut adalah 10 ide usaha untuk pelajar yang bisa dikerjakan di sela-sela kesibukan sekolah:

  1. Berjualan Pulsa Elektrik

jualan pulsa elektrik

Bukan anak gaul namanya jika pelajar setingkat SMA/SMK tidak mempunyai gadget minimal sebuah telepon seluler. Bahkan anak kecil setingkat SD pun sudah mempunyai tablet sendiri untuk ngegame. Nah, karena hampir semuanya pegang handphone jadi tidak ada salahnya anda menawarkan pulsa ke mereka, pasti laku keras, apalagi bagi mereka yang sudah melalang buana di dunia internet.

 

  1. Menjadi Seorang Penulis

Ide bisnis sampingan Menjadi Seorang PenulisBagi Anda yang ikut kegiatan ekstra kulikuler sekolah bidang jurnalistik, atau bagi anda yang hobi menulis, kenapa tidak anda manfaatkan keahlian tersebut untuk menjadi seorang penulis artikel, blog, novel, cerpen, dan karya seni tulis lainnya yang bisa menghasilkan uang untuk tambahan uang saku atau tabungan Anda. Mana tahu dengan cara berlatih menulis setiap hari, Anda bakal menjadi penulis hebat nantinya.

 

  1. Membuka Usaha Fotocopy

usaha fotocopyMembuka sebuah usaha fotocopyan kecil di lingkungan sekolah tentu akan sangat bermanfaat untuk para siswa yang membutuhkan jasa fotocopy. Tetapi usaha fotocopyan ini tidak selalu bisa Anda jaga di setiap jam sekolah karena Anda sendiri juga harus mengikuti pelajaran sekolah. Namun Anda bisa menjaganya pada jam istirahat dan jam pulang sekolah, atau Anda bisa bekerjasama dengan teman di luar sekolah untuk berjaga bergiliran.

 

  1. Menjadi Guru Les Private

Ide bisnis sampingan Menjadi Guru Les PrivateAnda dapat mencoba menawarkan kepada para pelajar SD atau SMP dengan memberi pelajaran tambahan seperti bahasa inggris dan matematika yang biasanya menjadi pelajaran yang paling susah menurut banyak pelajar. Disamping agar ilmu yang Anda dapatkan dulu tidak hilang, Anda juga bisa mendapatkan uang tambahan. Tawarkan jasa Anda menjadi guru les private kepada orang tua murid SD atau SMP bisa diawali dari tetangga terdekat terlebih dahulu.

 

  1. Berbisnis Sampingan Bidang Kuliner

Berbisnis Sampingan Bidang KulinerUntuk Anda khususnya yang mempunyai hobi memasak atau anak SMK yang kebetulan mengambil jurusan tata boga, dapat memanfaatkan keahlian memasak anda untuk berbisnis kuliner. Anda bisa memulai dengan berjualan di kantin sekolah, dan menunya pun tidak perlu yang aneh-aneh, cukup menu sederhana yang tidak terlalu memakan banyak waktu Anda dalam membuatnya. Seperti usaha aneka minuman, aneka usaha makanan ringan, aneka jenis kue, dan lain sebagainya.

 

  1. Berjualan ATK (Alat Tulis Kantor) dan Aneka Peralatan Sekolah Lain

ide bisnis sampingan berjualan alat tulis kantor (atk)Tidak ada salahnya jika anda mencoba membawa aneka macam ATK dan peralatan sekolah yang paling banyak dibutuhkan siswa dan menawarkannya kepada teman-teman Anda di sekolah. Anda dapat memulai dengan menyebarkan brosur berupa daftar nama barang yang anda jual berikut harganya.

 

 

  1. Membuka Jasa Desain Baju

Ide bisnis sampingan Membuka Jasa Desain BajuHampir tiap sekolah terdapat banyak sekali team atau organisasi yang biasa dibentuk oleh guru atau siswa sendiri. Seperti organisasi OSIS, team basket, team sepak bola, dan organisasi lainnya. Bagi Anda yang punya keahlian di bidang desain grafis khususnya para pelajar jurusan multimedia, bisa mencoba mendesain model-model baju dan menawarkanya ke berbagai organisasi yang ada. Karena setiap organisasi umumnya memiliki sebuah baju identitas yang menjadi ciri khas organisasi tersebut.

 

  1. Menjadi Reseller

ide bisnis sampingan menjadi resellerBagi Anda yang suka berkomunikasi dengan orang lain, atau yang mempunyai bakat ngelobi yang handal seperti sales, tidak ada salahnya jika anda menjadi reseller berbagai macam barang seperti aksesoris, baju, atau barang jualan lainnya. Mulai tawarkan barang bawaan Anda kepada teman-teman di jam istirahat. Anda bisa bekerja sama dengan penjual/pemilik toko yang terpercaya. Bahkan Anda juga bisa membawa berbagai jenis barang jualan buatan ibu Anda sendiri.

 

  1. Membuka Bengkel Motor Sederhana

membuka bengkel motor sederhana 2Usaha sampingan ini sangat cocok dilakukan oleh pelajar SMK jurusan Mekanik Otomotif, karena pelajar SMK sudah pasti sedikit banyak telah memiliki pengalaman seputar mesin yang mereka pelajari di sekolah. Anda bisa mulai menjadikan usaha ini sebagai peluang usaha sampingan dan menjalankannya ketika telah pulang sekolah.

 

 

  1. Membuka Usaha Rental PS

Ide bisnis sampingan Membuka Usaha Rental PSUsaha sampingan rental PS adalah salah satu usaha yang paling mudah untuk dijalankan. Besarnya modal yang dibutuhkan tidak terlalu banyak, mungkin hanya di awal saja untuk pembelian consol playstation dan biaya perawatan bulanan. Usaha ini jelas tidak mengganggu waktu anda, karena anda dapat menjalankannya sepulang sekolah. Atau bisa bekerja sama dengan teman untuk gantian berjaga dengan pembagian komisi dari setiap keuntungan yang anda dapatkan.

 

Demikianlah 10 ide usaha sampingan untuk pelajar yang dapat anda coba dan pilih berdasarkan minat, bakat dan keahlian anda. Menjalankan usaha ketika di bangku sekolah bukanlah sebuah masalah asalkan pandai dan pintar membagi waktu. Selain menghasilkan uang, tentu saja melatih mental anda sedini mungkin untuk menjadi pengusaha muda yang sukses. Tidak hanya untuk pelajar saja, tapi mahasiswa pun bisa mencobanya, malah mereka punya waktu luang dan kesempatan lebih besar dari pelajar tingkat SMA/SMK, tinggal tergantung usaha dan kerja keras seseorang. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan