10 Langkah Cara Memulai Bisnis Properti Tanpa Modal bagi Pemula

Bagi seorang pemula dalam berbisnis, seringkali merasa kebingungan untuk memilih ide usaha apa yang cocok bagi dirinya. Terlalu pilah-pilih dan banyak perhitungan sehingga rencana bisnisnya tidak segera bisa berjalan.

Dalam memulai bisnis, kita harus membatasi diri kita dengan tenggat-tenggat waktu yang jelas dan terukur, sehingga tujuan bisnis yang kita harapkan dapat tercapai dalam waktu yang sesuai perhitungan kita.

Permasalahan lainnya yang sering muncul adalah kepentok dengan modal usaha, yang akhirnya berakibat ditundanya ide bisnis yang sudah dirancang dan bahkan seringkali membatalkan realisasi usaha tersebut.

Padahal sebenarnya banyak sekali terdapat peluang usaha yang bisa digarap yang tanpa membutuhkan modal terlalu besar. Bahkan ada juga bisnis tanpa modal ataupun bisnis modal kecil. Asal kita teliti melihat berbagai peluang bisnis maka akan mudah kita menemukannya.

Mungkin kita mengira, bahwa usaha tanpa modal ataupun usaha modal kecil pasti hanyalah usaha yang biasa-biasa saja, menghasilkan keuntungan yang sedikit. Padahal kalau kita jernih melihat, sebenarnya terdapat pula usaha dengan modal kecil, bahkan tanpa modal yang bisa menghasilkan keuntungan besar. Di antaranya adalah bisnis properti.

Umumnya orang beranggapan untuk masuk ke dunia bisnis properti membutuhkan uang modal yang luar biasa besar, padahal tidak seperti itu, banyak orang-orang yang telah sukses di bisnis properti bermula dari modal yang sangat kecil, ataupun tanpa modal sedikit pun.

Memang untuk bisa sukses di usaha properti dengan tanpa adanya modal dibutuhkan skill dan keuletan yang mumpuni. Anda harus bekerja keras untuk bisa mencapai kesuksesan. Tentu saja, keuntungan yang didapat juga akan seiring dengan tenaga yang telah dikeluarkan.

Di samping itu, untuk dapat sukses di bisnis yang menguntungkan ini, anda harus punya planning yang jelas, agar cita-cita yang anda harapkan bisa lekas tercapai. Tanpa adanya planning maka sulit bagi anda untuk bisa mencapai hasil yang maksimal dalam bisnis property tanpa modal ini.

Untuk memudahkan anda dalam membuat planning dalam bisnis properti ini, dalam artikel kali ini akan kami sajikan untuk anda beberapa tips bisnis dalam 10 langkah cara memulai bisnis properti tanpa modal bagi pemula, yang semoga dapat menjadi bekal anda sebelum terjun ke bisnis ini.

 

  1. Memulai Bisnis Properti dari Lingkungan Terdekat

Saat baru mulai masuk ke bisnis property, ada baiknya jika dimulai dari lingkungan terdekat. Karena bisnis properti adalah bisnis besar yang membutuhkan kepercayaan. Dengan dimulai dari keluarga atau teman dan orang-orang yang mengenal kita, disamping lebih mudah mendapatkan kepercayaan juga akan menambah pengetahuan dan jam terbang kita sebelum terjun ke lingkungan yang lebih luas.

Karena bagaimanapun, mendapatkan kepercayaan dari orang-orang yang sudah terlebih dahulu kenal dengan kita akan lebih mudah daripada dari orang lainnya. Dengan begitu, seiring nama kita sebagai perantara bisnis properti akan menjadi semakin baik dikenal, juga akan memudahkan kita untuk melangkah ke bisnis yang lebih luas.

 

  1. Sering-seringlah Membaca Iklan Properti

Dalam memulai usaha properti yang tanpa modal, anda bisa memulainya dengan berlangganan atau setidaknya sering membaca-baca iklan-iklan properti, katalog penawaran properti, dan hal-hal lainnya yang berkaitan dengan properti.

Hal ini bertujuan agar anda mempunyai pengalaman yang cukup luas tentang dunia properti. Dengan begitu anda akan mengetahui rentang harga produk-produk properti yang ditawarkan. Dari situ anda bisa menjadi perantara dalam jual-beli properti. Komisi yang bisa anda dapatkan dengan menjadi perantara jual beli property juga lumayan besar.

Ini cara merintis bisnis properti dari bawah. Dengan pengalaman menjadi perantara jual beli properti, seiring jam terbang, skill anda dalam hal properti juga akan berkembang. Di samping itu, resiko yang anda hadapi juga relatif kecil, karena anda tidak perlu mengeluarkan banyak modal.

Proses sederhananya, anda tawarkan kepada pemilik properti untuk menjualkan properti mereka, tentunya dengan deal-deal komisi tertentu atau sistem markup harga, begitu juga anda cari orang yang sedang membutuhkan properti-properti tertentu. Kemudian anda pertemukan keduanya. Jika jual-beli sukses maka anda akan mendapatkan komisi atau hasil yang lumayan besar.

Pola bisnis property ini bukannya tanpa resiko permainan. Dalam pola seperti ini, database (katalog) properti adalah perbendaharaan anda yang harus anda jaga sungguh-sungguh. Sambil jalan, terus koleksi informasi tentang properti-properti yang dijual beserta rincian, harga, dan contact pemiliknya.

 

  1. Membangun Jaringan (Network) yang Lebih Luas

Dalam bisnis yang erat kaitannya dengan pemasaran (marketing), memiliki networking (jaringan) yang luas adalah suatu keharusan. Sebagai seorang perantara jual beli properti yang juga bisa disebut sebagai marketing properti maka mengembangkan jaringan yang luas adalah suatu keharusan.

Dengan memiliki jaringan yang luas akan memudahkan anda dalam mencari informasi perihal orang-orang yang membutuhkan jenis properti tertentu. Di samping itu, anda juga akan lebih mudah mendapatkan informasi tentang pihak-pihak yang sedang menawarkan propertinya.

Dengan adanya network yang luas, anda akan semakin dikenal banyak orang sebagai orang yang berkecimpung di bidang properti, sehingga orang yang mempunyai kepentingan terkait properti akan ada kecenderungan untuk menghubungi anda.

 

  1. Semua yang Terkait dengan Bisnis Anda Harus Tertulis dan Jelas

Bisnis properti adalah termasuk bisnis besar, oleh karena itu untuk berjaga dari segala kemungkinan, anda harus perjelas semuanya. Bukan sekedar janji ucap, tapi juga harus ada perjanjian-perjanjian tertulis.

Ketika anda menawarkan kepada seseorang untuk menjualkan propertinya, maka harus dibuat perjanjian hitam di atas putih yang bernilai hukum. Dengan begitu diharapkan tidak akan ada permasalahan di kemudian hari. Karena semua pihak paham dan tahu kewajiban masing-masing. Anda pun akan lebih jelas perihal komisi atau fee yang anda dapatkan ketika berhasil menjualkan properti tersebut.

Bukan hanya kepada orang lain, kepada saudara sendiri pun juga harus demikian. Karena seringkali terjadi keributan antar saudara justru karena ketidakjelasan akan hal yang berkaitan dengan bisnis-bisnis seperti ini.

 

  1. Selalu Aktif dalam Acara Berkaitan dengan Properti

Seperti kita ketahui bahwa bisnis usaha properti membutuhkan networking yang luas dan kuat. Untuk mencapainya di samping dengan cara banyak berhubungan dengan orang-orang yang butuh properti dan orang yang ingin menjual properti, ada baiknya jika kita juga aktif dalam kegiatan-kegiatan (event) yang ada kaitannya dengan properti.

Di samping agar kita mempunyai jaringan yang luas di sesama pemain bisnis ini, juga bertujuan agar kita mendapatkan pengetahuan yang lebih dalam tentang bisnis di bidang ini. Belajar kepada orang-orang yang mempunyai minat di bidang yang sama dan kepada orang-orang yang telah banyak makan asam-garam di bisnis menguntungkan ini.

Hadiri acara-acara terkait properti seperti launching properti, pameran properti, pelatihan dan seminar tentang properti, dan event-event lainnya yang ada hubungannya dengan properti.

 

  1. Manfaatkan Media Sosial dengan Baik

Saat ini, hampir separo masyarakat Indonesia sudah terhubung dengan Internet. Di mana salah satu aktivitas utama yang dijalankan mereka adalah bersillaturrahmi melalui media sosial. Dari situ, banyak peluang bisnis yang bisa diambil. Di antara manfaat media sosial dalam berbisnis adalah untuk memasarkan apapun yang bisa ditawarkan atau dijual, mulai dari produk maupun jasa. Begitu juga, media sosial juga bisa dimanfaatkan untuk memasarkan properti-properti yang hendak kita jualkan. Melalui media sosial, kita dapat menjangkau lebih banyak orang dan merengkuh lebih banyak peluang kesuksesan dalam bisnis properti ini. Pergunakan medsos seperti twitter, facebook, pinterest, dan lain sebagainya, untuk memasarkan produk anda lebih luas.

 

  1. Pasarkan Properti Anda Melalui Website

Untuk memperluas pasar anda, gunakan juga teknologi modern yang bisa diterapkan untuk mempercepat perkembangan bisnis properti anda. Buat website untuk menjangkau orang lebih banyak. Manfaat website di antaranya adalah sebagai katalog untuk properti yang anda tawarkan, dengan begitu diharapkan akan lebih mudah bagi anda dalam menginformasikan kepada orang-orang yang membutuhkan terkait properti.

Jika anda tidak mempunyai kemampuan terkait dengan pembuatan website, saat ini sudah banyak terdapat jasa pembuatan website yang bisa anda gunakan dengan harga yang sangat murah. Anda hanya memerlukan biaya yang sangat sedikit untuk pembuatan website tersebut. Dengan adanya website, bisnis anda pun akan terlihat lebih serius dan profesional. Saat anda berkenalan dengan klien, anda hanya tinggal menyodorkan kartu nama yang mana dalam kartu nama tersebut tercantum alamat website anda. Dengan begitu akan lebih efisien dalam pemasaran bisnis properti anda.

 

  1. Anda Harus Bersikap Jujur dalam Kondisi Apapun

Sebagaimana kita ketahui, salah satu kunci utama dalam segala bisnis adalah kejujuran. Karena kejujuran berkaitan dengan integritas kita. Adanya kejujuran, parter bisnis (klien) pun akan merasa nyaman untuk berbisnis dengan kita. Begitu pula dalam bisnis properti ini anda harus jaga integritas anda dengan selalu bertindak jujur. Dengan begitu, nama anda akan dikenal oleh orang banyak sebagai parter bisnis yang bisa dipercaya. Dan dia pun tidak akan segan-segan merekomendasikan anda saat ada koleganya yang membutuhkan jasa seperti yang anda kerjakan.

Memang mungkin saja, bahwa orang yang tidak jujur dalam berbisnis properti akan mendapat keuntunga yang cukup besar. Tapi harus diingat, bahwa itu hanya keuntungan sementara saja, selanjutnya anda akan kesulitan untuk mendapatkan klien, karena nama anda rusak oleh kurangnya integritas pada diri anda. Dengan begitu, masa depan bisnis anda ini akan hancur. Oleh karena itu, menjaga kejujuran dalam bisnis properti ini sangatlah penting. Jangan korbankan bisnis jangka panjang anda hanya untuk keuntungan yang sifatnya sementara.

 

  1. Pertahankan Reputasi Bisnis Anda dengan Membangun Brand

Agar bisnis anda bisa bertahan dalam jangka lama dan semakin membesar, tidak cukup hanya dengan memasarkan secara asal-asalan. Anda memubutuhkan brand bagi bisnis anda. Buat perusahaan dengan logo dan slogan yang unik, yang sekiranya mudah diingat orang. Apabila anda kesulitan dalam membangun sebuah brand bagi bisnis anda ini, saat ini sudah banyak tersedia jasa yang dapat membantu anda dalam membangun suatu brand dengan biaya yang relatif murah. Jadi anda sudah tidak perlu lagi khawatir tentang teknisnya. Karena pada saat brand anda sudah dikenal oleh banyak orang, maka orderan pun akan datang dengan sendirinya, anda hanya perlu melakukan promosi seperlunya saja.

 

  1. Terus Jalankan Bisnis Anda secara Tekun dan Penuh Semangat

Membangun suatu bisnis memang tidak mudah dan pasti ada rintangan yang dihadapi. Seorang yang bermental wirausaha akan mampu bertahan untuk menghadapi rintangan-rintangan yang dihadapi. Oleh karena itu jangan mudah putus asa, seberat apapun permasalahan dalam bisnis anda, asalkan anda atasi dengan sungguh-sungguh pasti akan tuntas juga.

Jangan ragu untuk bekerjasama dengan pihak lain dalam membangun bisnis, begitu juga saat akan mengembangkan bisnis anda. Perlahan tapi pasti, bisnis anda akan mengalami peningkatan. Karena bisnis properti adalah termasuk bisnis yang paling liquid, yang telah terbukti menjadikan banyak orang menjadi kaya raya.

 

Demikian 10 langkah cara memulai bisnis properti tanpa modal bagi pemula yang bisa kami uraikan. Dan semoga langkah-langkah tentang peluang usaha yang telah kami sampaikan ini dapat membantu anda dalam membangun dan mengembangkan bisnis properti yang akan anda jalani. Semoga kesuksesan selalu menyertai anda!

Tinggalkan Balasan