201 Peluang Bisnis yang Menjanjikan Keuntungan Besar

Apakah anda sedang ingin memulai bisnis tapi kebingungan untuk mencari ide bisnis yang dapat diandalkan dalam mendapatkan penghasilan yang lumayan besar serta cocok dengan passion anda. Berikut akan kami sajikan berbagai macam peluang bisnis yang dapat anda jadikan acuan dalam merintis usaha anda.

Dalam artikel ini juga akan kami tambahkan berbagai langkah-langkah, strategi bisnis dan tips bisnis yang diharapkan dapat membantu anda  memahami bisnis yang ingin anda jalankan sebelum terjun menekuninya. Dengan begitu, anda akan dapat mengurangi risiko yang mungkin terjadi dalam usaha yang anda jalani.

Bagaimana pun juga, setiap ide usaha pasti ada kekurangan dan kelebihannya. Oleh karena itu akan lebih baik memahaminya sebelum terjun agar kita mampu memperkirakan apa saja yang mungkin akan kita hadapi dan mempunyai persiapan yang lebih besar untuk menghadapinya.

Dalam tulisan ini akan kami rangkumkan berbagai jenis usaha, baik bisnis online maupun bisnis offline, bisnis rumahan maupun kantoran. Dengan begitu anda dapat memilih bidang usaha yang kiranya sesuai dengan kehidupan sehari-hari anda saat ini. Dan semoga apa yang kami paparkan berikut ini dapat membantu anda dalam memilih ide usaha yang paling sesuai dengan diri anda.

 

1.Bisnis Barbershop atau Potong Rambut

 

Orang mungkin mengira bahwa bisnis potong rambut tidaklah bisa diandalkan untuk dapat menghasilkan keuntungan besar. Jangan salah, banyak barbershop yang semula hanya usaha kecil tapi akhirnya berhasil berkembang menjadi salon rambut kelas nasional, bahkan menjadi waralaba. Mempunyai brand tersendiri sehingga menghasilkan keuntungan besar.

Di antara keuntungan terjun ke bisnis ini adalah minimnya modal yang dibutuhkan karena tidak banyak memakan biaya operasional. Kebutuhan orang akan jasa potong rambut juga besar. Umumnya orang akan memotong rambutnya 3 bulan sekali, sehingga kebutuhan akan potong rambut bisa dibilang sebagai kebutuhan primer. Dan kebutuhan akan jasa potong rambut atau barbershop ini akan terus berlanjut, bisa diandalkan menjadi bisnis jangka panjang, sehingga anda tidak perlu terlalu khawatir terhadap masa depan bisnis anda ini. Yang perlu anda pikirkan hanyalan kualitas jasa barbershop anda dibandingkan dengan kompetitor anda.

Untuk memulai usaha ini diperlukan prasarana dan peralatan yang tidak begitu membutuhkan modal banyak. Hal-hal yang harus anda persiapkan adalah:

  • Menyewa tempat (jika anda sudah memiliki lokasi sendiri yang strategis, maka tidak lagi perlu mengeluarkan biaya untuk menyewa tempat).
  • Membeli sisir (jungkat).
  • Membeli gunting.
  • Membeli cermin.
  • Membeli mesin cukur.
  • Membeli kursi cukur (lebih baik beli yang memang untuk keperluan barbershop agar lebih profesional. Jika belum leluasa akan modalnya anda bisa beli kursi yang biasa saja).
  • Membeli handuk.
  • Membeli bedak.
  • Membeli cream cukur.
  • Jangan lupa persiapkan atau beli juga barang-barang lainnya yang kiranya dibutuhkan untuk memulai usaha anda ini. Contohnya pasang air conditioner (AC) di barbershop anda (jika dimungkinkan) untuk membuat pelanggan anda merasa nyaman potong rambut di tempat anda.

 

Sedangkan untuk biaya operasional rutin yang dibutuhkan dalam bisnis barbershop ini hanyalah biaya pembayaran listrik yang tidak seberapa dan bisa tercover oleh penghasilan anda.

Agar jasa potong rambut anda cepat mendapatkan pelanggan, di awal-awal pembukaan berikan promo harga, bahkan hingga 50%, dengan begitu akan banyak pelanggan berbondong-bondong menggunakan jasa anda.

Salah satu faktor penting dalam bisnis ini adalah pemilihan lokasi yang strategis, sehingga barbershop anda mudah diketahui dan diakses orang. Jika rumah anda berada di lokasi yang strategis tentunya menjadi suatu keberuntungan bagi anda karena tidak perlu lagi untuk menyewa tempat. Anda bisa langsung memulainya di tempat tinggal anda. Karena bisnis ini juga bisa menjadi usaha rumahan yang lumayan bisa diandalkan.

 

2.Bisnis Jasa Pembuatan Skripsi dan Olah Data

 

Sebenarnya skripsi yang dibuatkan oleh orang lain itu kurang baik, karena tidak berlandas pada kemampuan sendiri. Akan tetapi bagi pihak yang diminta tolong untuk membuatkan skripsi justru bisa dimanfaatkan untuk menjadi suatu kerja sampingan.

Kemalasan mahasiswa yang tidak mau repot dalam mengumpulkan dan mengolah data yang kemudian dijadikan sebuah karya tulisan bisa anda manfaatkan untuk mendapatkan tambahan penghasilan. Bahkan jasa penulisan skripsi ini bisa menghasilkan untung yang lumayan kalau skripsi yang anda buat berkualitas jempolan.

Jika anda mempunyai kemampuan dalam hal tulis-menulis, tidak ada salahnya jika menekuni pekerjaan ini, terutama bagi mahasiswa yang ingin mempunyai uang tambahan untuk biaya kuliah. Menjadi alternatif bisnis mahasiswa yang tidak mampu membayar uang kuliah tapi mempunyai kemampuan dalam dunia kepenulisan.

Anda tidak perlu ragu untuk mematok harga yang agak tinggi, hal ini bertujuan agar tidak sembarang mahasiswa menyewa jasa anda, tapi jasa anda lebih ditujukan untuk orang-orang yang memang membutuhkan keahlian anda ini. Biasanya orang yang sangat butuh tidak akan ragu untuk mengeluarkan biaya yang cukup besar. Dan tentunya masalah harganya sesuai kesepakatan antara anda dan customer.

Tantangan yang harus dihadapi seorang penulis skripsi adalah dalam hal pengumpulan data. Karena itu agar proses penulisan skripsi bisa berjalan dengan cepat, anda harus membiasakan dan melatih diri untuk mampu mengumpulkan data secara cepat. Mempunyai semacam bank data. Dengan begitu, di saat ada orang yang membutuhkan jasa yang anda sediakan, anda tidak lagi kebingungan untuk memulai dari mana. Anda bisa dengan cepat menyelesaikan tugas anda dan berani menjanjikan waktu yang cukup singkat dalam penyelesaian skripsi.

Salah satu kentungan dalam bisnis penyusunan skripsi ini adalah tidak dibutuhkan modal yang besar. Otaklah yang menjadi modal utama, kemampuan otak anda dalam memproses sesuatu secara cepat dan kemudian menuliskannya menjadi suatu karya. Modal yang berhubungan dengan uang hanyalah kebutuhan terhadap alat menulis seperti komputer dan lain sebagainya yang sekiranya berhubungan dengan tulis menulis. Sedangkan untuk bahannya dapat anda temukan dengan mudah di internet, dan anda tinggal mengolahnya saja.

  1. Membuat dan Berjualan Es Krim.

Saat ini es krim sudah menjadi hal yang biasa dikonsumsi oleh masyrakat, tidak lagi seperti zaman dahulu yang dianggap sebagai makanan orang-orang berduit. Kini sudah menjamur orang-orang yang berjualan es cream, baik di toko-toko kecil maupun di minimarket-minimarket.

Hal itu tidaklah mengherankan karena iklim Indonesia yang tropis dimana terkadang saat sedang panas rasanya cukup menyiksa. Es krim menjadi penghibur rasa dahaga di saat panas terik terasa.

Bisnis es krim makin mudah dan tidak membutuhkan modal yang besar karena harga mesin pendingin (kulkas) makin terjangkau oleh masyarakat. Sehingga saat anda ingin memulai bisnis dalam bidang ini tidak membutuhkan biaya yang terlalu besar.

Pembuatan es krim ini juga bisa menjadi peluang usaha rumahan yang dapat anda kelola sebagai bisnis sampingan disamping pekerjaan yang anda sedang tekuni. Dengan modal yang relatif sedikit anda bisa menghasilkan untung yang cukup besar dari usaha ini. Di samping itu keuntungan dalam bisnis ini adalah cepatnya balik modal.

 

Modal Bisnis Es Krim

Sebelum benar-benar terjun dalam bisnis es krim ini ada baiknya jika anda sedikit mengetahui hal-hal yang diperlukan untuk memulai usaha es krim.

Berikut modal yang anda butuhkan untuk memulai usaha es krim:

  • Biaya untuk membeli mesin pembuat es krim.
  • Biaya untuk membeli skop es krim.
  • Biaya untuk membeli 1 buah tabung es krim (tabung ini lebih sering disebut sebagai baskom es).
  • Biaya untuk membeli 1 buah booth portable atau stand.
  • Biaya untuk membeli 1 buah freezer.
  • Biaya untuk membeli bubuk bulky (ini adalah bahan yang dibutuhkan untuk diolah mesin pembuat es krim).

 

Potensi Keuntungan Jualan Es Krim

Sebelum memulai suatu bisnis tentunya dibutuhkan perkiraan keuntungan yang didapatkan dalam bisnis tersebut. Berikut adalah perhitungan kasar kemungkinan yang anda dapatkan jika anda terjun ke bisnis ini.

Perhitungan kasar:

1 kilogram (kg) bubuk bulky + 2 liter air diperkirakan dapat menghasilkan sekitar 98 gelas es krim (cup).
1 cup biasanya dijual sekitar Rp.3.000,-
Jadi Rp.3.000 x 98 = Rp.294.000,-

 

Berikut adalah detail biaya yang dibutuhkan:

1 kg serbuk bulky Kurang lebih Rp.8.000,-
Cup & sendok Kurang lebih Rp.16.000,-
Biaya bayar listrik Kurang lebih Rp.10.000,-
Biaya air Kurang lebih Rp.2.000,-
Biaya tenaga/karyawan Kurang lebih Rp.20.000,-
Total Modal Kurang lebih RP.128.000,-
Keuntungan yang anda dapatkan dari 1 kg bubuk bulky Rp.295.000 – Rp.128.000 = Rp.166.000

 

Itu merupakan perhitungan jika berjualan es krim hanyalah sebagai usaha sampingan. Sedangkan jika anda serius dalam dalam bisnis ini dan anda memilih lokasi yang strategis terutama di kota besar, kemungkinan keuntungan yang anda dapatkan akan leibih tinggi lagi. Dalam satu hari anda sangat mungkin menjual hingga 5 kilogram. Tinggal anda kalikan saja keuntungan yang mungkin anda dapatkan.

Apabila dalam satu hari saja anda bisa menjual es krim berbahan 2 kilogram bubuk bulky, maka dalam waktu 25 hari saja anda sudah bisa meraup keuntungan hingga Rp.8.300.000. Sangat menggiurkan bukan?

Tidak butuh lama untuk anda bisa mengembalikan modal pembelian mesin es krim. Hanya sekitar 4 sampai 5 bulan saja anda akan mendapatkan modal anda kembali.

 

4. Membuka Les/Kursus Bahasa Asing

Jika anda memiliki keahlian dalam bidang bahasa asing, anda memiliki peluang kesuksesan yang cukup besar untuk dapat membuka kursus bahasa asing. Meskipun keahlian anda adalah dalam hal bahasa, akan tetapi jika anda memiliki jiwa bisnis maka anda pasti mampu memanfaatkannya menjadi suatu bisnis yang menguntungkan.

Saat ini bahasa asing yang diminati banyak orang adalah bahasa Inggris, dan kemudian adalah bahasa Mandarin, Korea, Jepang dan Arab. Jika anda mengusai salah satu di antara bahasa-bahasa tersebut, tidak ada salahnya jika anda buka tempat kursusan.

Bentuk dari kelas kursus yang digunakan bisa anda sesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan orang-orang terkait hal ini. Bisa anda buat les/kursus privat, bisa juga berbentuk kelas dengan model per angkatan.

Keuntungan yang paling utama dalam bisnis ini adalah karena bisnis ini terhitung sebagai sebuah peluang usaha modal kecil sehingga anda tidak perlu mengeluarkan biaya banyak untuk membukanya. Cukup hanya keahlian anda dalam berbahasa asing dan keahlian dalam mengajarkan keahlian anda itu kepada orang lain maka anda sudah bisa mulai untuk membukanya.

 

Kami mohon maaf karena belum lengkap menyajikan 201 ide peluang bisnis sebagaimana kami tuliskan dalam judul di atas. Karena keterbatasan waktu, akan kami tuliskan secara berkala macam-macam usaha yang semoga dapat menjadi acuan bagi wirausaha untuk memulai usahanya. Untuk sementara, silahkan baca berbagai ide usaha yang sudah kami tuliskan secara mendetail di website ini yang telah kami sertakan pula ulasan yang panjang lebar tentang bisnis tersebut, sehingga makin mudah bagi anda untuk memperhitungkan modal, kerugian dan keuntungan yang anda dapatkan. Selamat membaca!

Tinggalkan Balasan