6 Peluang Usaha Modal Kecil Bidang Kuliner yang bisa Dijadikan Usaha Sampingan

Sulitnya mencari lowongan pekerjaan dengan gaji yang sesuai kebutuhan hidup yang dikeluarkan terkadang memaksa kita untuk kreatif mencari peluang usaha sampingan yang sekiranya dapat menutupi lobang kebutuhan sehari-hari. Dan diharapkan dengan bertambahnya penghasilan dapat meningkatkan tabungan untuk masa depan yang lebih baik.

Jika anda sedang berniat untuk mencari ide bisnis yang bisa anda jadikan bisnis sampingan, dalam artikel kali ini akan kami paparkan hal-hal yang perlu anda ketahui terkait berbagai macam ide usaha yang semoga dapat membantu anda untuk menentukan peluang bisnis apa yang akan anda tekuni.

Dalam hidup, manusia pasti mengalami berbagai kendala, dan dari antara berbagai kendala yang ada yang sering menghinggapi banyak orang adalah masalah ekonomi. Seringkali orang sudah mencari lowongan pekerjaan dan mendapatkan tapi nyatanya uang yang dihasilkan dari pekerjaan tersebut tetap belum bisa mencukupi kebutuhan keluarga, apalagi untuk untuk menabung.

Dan untuk menyiasati keadaan tersebut, kita diharuskan untuk kreatif mencari berbagai macam peluang untuk dapat mengumpulkan uang sebagaimana yang kita harapkan. Di antaranya adalah dengan mencoba mencari peluang bisnis sampingan yang diharapkan dapat menambal kebutuhan rumah tangga dan sedikit menabung untuk masa depan kita dan anak-anak kita.

Tapi ketika kita ingin memulai suatu usaha seringkali kita dihadapkan pada masalah permodalan, dimana biasanya uang yang kita punya sudah sangat mepet. Untuk kebutuhan harian saja sulit, apalagi mengeluarkan banyak uang untuk modal usaha.

Dari itu, kita harus mampu berpikir realistis dengan mencoba ide usaha yang sekiranya berupa jenis usaha modal kecil. Sehingga diharapkan kita akan lebih leluasa untuk mengatur keuangan kita, menyisihkan sebagian uang untuk modal usaha kecil kita.

Jika kita tidak mampu menyisihkan sebagian uang yang kita dapatkan untuk modal usaha, setidaknya, jika pun kita harus mencari hutang untuk modal bisnis kita, dengan memulai usaha yang relatif kecil, maka kita hanya membutuhkan uang hutang yang relatif terjangkau untuk kita melunasinya.

Sudah banyak kisah orang yang sukses berwirausaha yang awalnya karena kepepet kebutuhan, anda pun bisa mengikuti jejak kesuksesan mereka. Terdapat banyak bisnis sampingan yang bisa anda pilih dengan anda tetap bekerja sebagaimana biasanya. Dengan begitu perekonomian keluarga anda akan tetap stabil selama anda merintis usaha anda.

Dan setelah bisnis anda berjalan dengan baik dan mampu menghasilkan uang yang dapat mencukupi kebutuhan rumah tangga, anda dapat resign dari pekerjaan dan kemudian lebih serius menekuni bisnis yang anda jalankan, dari usaha sampingan diubah menjadi usaha utama yang digarap secara lebih profesional, bahkan sampai menjadi bisnis waralaba.

Terdapat berbagai macam ide usaha sampingan yang bisa anda kerjakan hanya dengan modal kecil saja. Pekerjaan-pekerjaan ini bisa anda kerjakan sebagai bisnis sampingan meskipun anda telah memiliki pekerjaan yang jadi kesibukan utama anda.

Baik anda adalah pengangguran, mahasiswa, ibu rumah tangga, PNS, pegawai swasta, pegawai kantoran, atau lainnya, bisnis kuliner sampingan ini bisa anda kerjakan tanpa mengganggu waktu utama anda.

Alasan kenapa usaha kuliner selalu menarik banyak pengusaha untuk terjun di dalamnya adalah karena bisnis ini memang selalu menjanjikan peluang kesuksesan yang cukup besar. Karena makanan dan minuman merupakan suatu kebutuhan paling primer bagi banyak orang.

Setiap manusia pasti membutuhkan, dengan demikian prospek bisnis kuliner akan terus terbuka sampai kapan pun. Asalkan anda mempunyai keterampilan dan kreatif dalam menciptakan berbagai jenis menu makanan, kemungkinan usaha anda dalam bidang ini akan terus bisa eksis.

Dalam memulai bisnis kuliner pun anda tidak selalu harus memulainya dari modal besar, dengan modal seadanya anda sudah bisa memulainya. Berawal dari modal kecil kemudian dikembangkan menjadi bisnis yang lebih besar.

Meskipun tentunya modal yang dikeluarkan akan cenderung berjalan seiring dengan hasil yang didapatkan. Tentunya modal seratus juta rupiah akan berbeda hasilnya dengan modal satu juta rupiah. Tapi, jika pengelolaan usaha dengan modal kecil bisa lebih profesional, seringkali dalam perkembangannya akan bisa menghasilkan keuntungan yang lebih besar.

Dan dalam artikel tentang peluang bisnis kali ini akan kami paparkan untuk anda berbagai bisnis sampingan bidang kuliner dengan modal kecil yang diharapkan dapat membantu anda dalam memilih jenis bisni yang sesuai dengan modal yang anda miliki.

 

Berikut adalah 6 ide usaha modal kecil di bidang kuliner yang bisa anda jadikan acuan dalam memulai usaha:

  1. Membuka Usaha Kebab Turki

Salah satu makanan asal Timur Tengah yang sudah memasyarakat di Indonesia adalah kebab. Dan di antara jenis kebab yang sangat disukai masyarakat adalah kebab Turki. Sehingga ketika anda mencoba membuka usaha ini, peluang kesuksesan anda cukup tinggi.

Meskipun sudah cukup banyak orang yang menekuni bisnis kebab Turki ini, namun anda tidak perlu khawatir, asalkan anda mampu berikan kualitas terbaik bagi produk berbahan daging ini, kemungkinan kesuksesan anda akan semakin lebar. Di samping kualitas kebab yang lezat, anda pun perlu perhatikan masalah kebersihan dan lokasi yang strategis untuk usaha.

Sudah cukup banyak orang yang sukses dalam bisnis ini, di antaranya adalah Qsah Kebab yang telah berhasil bertarung dalam persaingan bisnis kuliner di tanah air. Berhasil mengeruk keuntungan meskipun mempunyai pesaing yang cukup banyak.

Apabila saat ini anda sedang mencari usaha sampingan dengan modal kecil, bisnis kebab Turki ini pantas untuk anda coba. Jika anda mampu memilih tempat yang strategis dan rendah persaingannya, hampir bisa dipastikan bahwa usaha anda akan sukses dan menghasilkan laba. Karena prospek bisnis kebab Turki ini sampai saat ini masih cukup kuat. Terbuka lebar bagi anda yang ingin mengeruk cukup banyak keuntungan.

Untuk anda yang ingin membuka usaha Qsah Kebab, anda dapat mengambil paket investasi yang disediakan oleh Qsah Kebab, cukuo dengan investasi senilai Rp.20 juta. Dengan investasi senilai itu, anda akan mendapatkan Gerobak Alumunium anti karat. Jika ingin yang lebih mahal, anda dapat memilih paket Gerobak Plat Besi Roda Besar dengan investasi senilai Rp.25 juta. Atau jika anda memiliki dana cukup besar sekitar Rp.80 juta hingga Rp.90 juta, anda bisa memilih paket Booth. Sesuaikan pilihan paket dengan modal usaha yang anda miliki, dan tentu saja perhitungkan untung ruginya, sebelum mengambil paket yang sesuai.

 

  1. Usaha Jualan Gorengan

Kenapa usaha gorengan salah satu pilihan kami dalam artikel bisnis kali ini, karena jajanan yang proses memasaknya dengan cara digoreng ini telah menjadi makanan rutin bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, di kota maupun di desa, orang kaya maupun orang miskin, semuanya membutuhkan makanan ini, baik untuk lauk-pauk, maupun untuk sekedar camilan.

Memang saat membuka bisnis gorengan ini salah satu yang sering menjadi kendala adalah telah banyaknya orang yang terjun ke bisnis  ini. Sehingga persaingan menjadi cukup ketat. Meskipun begitu, sebenarnya peluang kesuksesan dalam usaha gorengan masih cukup besar, asalkan anda mampu menciptakan menu gorengan yang bervariasi dan kreatif dalam menciptakan berbagai jenis gorengan, dipastikan usaha anda akan tetap bisa bersaing dan semakin menjadi lebih besar.

Di samping berbagai variasi menu, juga berikan berbagai variasi rasa dan bentuk dalam membuat gorengan agar lebih menarik dan mengundang selera. Buat tingkatan kepedasan untuk sambal yang dibuat, sehingga dapat memberikan kepuasan bagi orang-orang yang menyukai kepedasaan saat menyantap gorengan.

Buat kreasi unik dalam produk gorengan yang anda sajikan. Seperti membuat pisang goreng rasa durian, tahu isi pisang, bakwan rasa coklat, dan lain sebagainya. Dengan begitu, produk gorengan yang anda jual akan lebih menarik orang untuk menjajal berbagai makanan yang anda sajikan.

Selalu buat inovasi baru sehingga bisnis anda akan memiliki ciri khas tersendiri yang berbeda dari usaha gorengan yang lainnya. Selalu pertahankan ciri khas tersebut. Dengan begitu, usaha anda akan semakin dikenal oleh masyarakat luas dan bisa bertahan lama dalam kancah persaingan bisnis gorengan.

 

  1. Membuka Bisnis Sampingan Pondan Cake

Salah satu usaha sampingan yang bisa anda kerjakan sambil tetap beraktivitas sebagaimana biasanya adalah bisnis rumahan Pondan Cake. Salah satu produsen yang memproduksi produk ini adalah Ni Kadek Kristy Hellen Winatasari dengan mengusung brand D’NKH Signature.

Usaha Hellen ini memproduksi pondan cake dengan berbagai variasi rasa, ada rasa blueberry, vanila, cokelat, strawberry, bublle, signature, dan rasa-rasa yang lainnya. Diperindah dengan berbagai warna yang menyesuaikan rasanya, seperti warna biru, kuning, hijau, merah, dan putih.

Salah satu yang menjadi keunggulan produk pondan cake buatan Hellen adalah tak mudah pecah saat digunakan dan dibuat dengan tekstur yang lebih kenyal serta lebih halus jika dibandingkan dengan produk pondan lainnya. Di samping itu, rasanya juga sangat lezat.

Bagi anda yang berkeinginan untuk memulai usaha sampingan dengan modal kecil, bisnis ini patut untuk anda coba. Anda dapat menjadi reseller bagi produk ini dengan sangat mudah. Dengan hanya membeli sejumlah 10kg, anda sudah dapat menjadi reseller, selain itu anda akan mendapatkan diskon (potongan harga) senilai 10% untuk produk tersebut.

 

  1. Membuat Kerupuk sebagai Usaha Sampingan Rumahan

Sebagai orang Indonesia tentunya kita pernah meskipun hanya sekali memakan makanan yang bernama kerupuk yang lebih sering disebut krupuk. Makanan renyah yang biasanya disantap sebagai lauk atau dibuat camilan. Jenis makanan ini sekarang sudah banyak sekali variasinya dengan berbagai rasa.

Kerupuk yang sepertinya sepele ini, yang kalau dilihat sepintas, keuntungan dari membuat kerupuk sangat sedikit seringkali disalahpahami, karena ternyata sudah banyak kisah orang yang jadi kaya lantaran memproduksi atau berjualan kerupuk.

Saat ini sudah banyak usaha kerupuk rumahan yang skala industri di Indonesia, yang umumnya berawal dari usaha kecil-kecilan. Dan kemudian setelah sukses dikembangkan menjadi usaha dengan skala yang lebih besar. Merekrut karyawan hingga ratusan orang.

Tidak mengherankan jika banyak pengusaha kerupuk yang cukup sukses, karena perputaran usaha kuliner kerupuk ini memang sangat cepat dan besar. Di pelosok kampung hingga di kota-kota besar sangat banyak yang membutuhkan kerupuk sebagai pelengkap lauk-pauknya. Juga dimakan sebagai camilan.

Jika anda ingin mencoba usaha dengan modal yang sangat minim, usaha kerupuk ini patut anda coba. Membuat kerupuk dan kemudian menjualnya, dimulai dari kecil-kecilan kemudian dikembangkan menjadi usaha yang lebih besar lagi.

Di samping sebagai usaha utama, usaha pembuatan dan penjualan kerupuk ini bisa juga anda jadikan sebagai bisnis sampingan. Dengan begitu, anda bisa tetap bisa beraktivitas pada pekerjaan utama anda serta sambil memulai usaha kerupuk.

 

  1. Membuka Usaha Jualan Soto

Salah satu kuliner asli Indonesia adalah soto. Hampir semua masyarakat Indonesia pernah makan makanan ini. Hidangan kuliner yang terdiri dari suiran daging, dedaunan, dan kuah lezat ini sudah menjadi makanan yang sering disantap oleh masyarakat Indonesia.

Maka tidak heran jika setiap daerah memiliki soto dengan ciri khas masing-masing, seperti soto Solo, soto Lamongan, soto Madura, dan lain-lain. Di samping tetap bergizi karena berbahan daging dan dedaunan, makanan ini juga murah, sehingga banyak masyarakat yang suka mengkonsumsinya.

Salah satu jenis soto yang sangat lezat adalah soto Sekengkel. Soto Sekengkel berasal dari daerah Banyumas yang diproduksi oleh Pak Suroto. Jenis usaha kuliner ini bisa anda coba untuk dijadikan suatu usaha sampingan. Keuntungan membuka usaha soto, disamping cara membuatnya yang tidak begitu sulit, juga karena anda tidak membutuhkan modal yang terlalu besar untuk membuka usaha ini.

 

  1. Membuka Usaha Nasi Uduk

Jika anda pergi ke kota besar terutama Jakarta, akan sangat mudah anda temukan kuliner nasi uduk. Rasanya yang gurih menjadikan nasi uduk sebagai sarapan kesukaan bagi banyak orang. Kegurihan nasi uduk juga sangat cocok dikombinasikan dengan berbagai sayuran dan lauk, ditambah sedikit sambal.

Nasi uduk seringkali dicari orang sebagai menu sarapan pagi, oleh karena itu potensi usaha di bidang ini pun cukup lebar. Anda bisa coba membuka bisnis nasi uduk untuk mendapatka penghasilan tambahan di pagi hari, sehingga aktivitas sehari-hari anda tidak akan terganggu.

Di pagi hari, buka lapak nasi uduk anda, asalkan anda mampu memberikan kualitas rasa, kebersihan, dan harga yang miring, maka peluang kesuksesan bagi usaha nasi uduk anda cukup menjanjikan. Karena biasanya, di pagi hari banyak orang yang tidak sempat memasak makanan dan terburu berangkat kerja, di sini lah peluang ini terbuka lebar.

Anda pun tidak perlu susah payah mengeluarkan modal besar, karena anda sudah tidak perlu menyewa tempat untuk membuka bisnis nasi uduk ini. Anda hanya cukup menggelar dagangan di atas meja di depan rumah anda, dengan begitu usaha ini hanya memerlukan modal untuk bahan-bahan nasi uduk saja.

 

Demikian beberapa jenis usaha kuliner yang bisa anda pilih sebagai bisnis sampingan anda. Sebenarnya sangat banyak macam usaha yang bisa kita pilih untuk memulai usaha. Contoh-contoh di atas hanyalah sebagai acuan untuk memudahkan anda dalam memilih jenis bisnis yang sekiranya cocok dengan modal yang anda miliki. Jika anda merasa kurang, anda bisa memilih berbagai jenis ide bisnis yang juga telah kami tuliskan di website ini, seperti yang kami paparkan pada artikel 10 Cara Nyata Menjadi Kaya Raya hanya dengan Tidur saja. Dan tentunya kami berharap, anda sukses dalam usaha apapun yang anda pilih dan realisasikan.

Tinggalkan Balasan