7 Contoh Usaha Makanan dan Minuman di Bulan Ramadhan yang Sangat Menguntungkan

Hadirnya bulan Ramadhan sangat ditunggu-tunggu oleh umat Islam di mana pun berada. Di bulan puasa ini, menurut keyakinan masyarakat muslim terdapat banyak berkah dan pahala jika dimanfaatkan dengan baik. Oleh karena itu, umat Islam di bulan puasa biasanya akan lebih rajin beribadah dari hari-hari biasanya. Berusaha untuk beribadah, beramal, dan bekerja lebih giat di saat rasa haus dan lapar sedang terasa.

Meskipun sedang dalam keadaan lelah karena lapar dan dahaga, umat Islam di bulan puasa ini tetap sangat dianjurkan untuk bekerja sebagaimana biasanya, bahkan lebih giat lagi. Dan saat bulan puasa ini juga saat banyak orang yang mempunyai keahlian dalam bidang kuliner berlomba-lomba untuk mengaplikasikan apa yang diketahuinya, di antaranya dengan berjualan makanan dan minuman untuk berbuka maupun sahur.

Tidak mengherankan, karena saat bulan Ramadan ini memang ide bisnis kuliner sangat potensial untuk menghasilkan keuntungan menjanjikan. Karena saat-saat seperti itu biasanya memang banyak orang yang merasa malas untuk memasak makanan sendiri, dan juga waktunya terbatas, bisa karena pulang kerja terlalu sore (menjelang maghrib), atau karena kelelahan.

Bagi anda yang mempunyai keahlian dalam masak-memasak tidak ada salahnya jika anda menggeluti peluang usaha kuliner ini, yang mana dapat menghasilkan untung yang lumayan, bahkan terkadang bisa jadi keuntungan besar kalau tepat cara berbisnisnya.

Selain bisnis fashion, bisnis makanan dan minuman adalah merupakan ide bisnis yang peluang kesuksesannya cukup besar saat dikerjakan di bulan Ramadhon, dapat menghasilkan keuntungan yang luar biasa. Selain bisa menjadi usaha sampingan yang dapat dikerjakan dari rumah, usaha ini juga bisa anda rancang untuk jangka panjang, yaitu memulai bisnis ini di bulan Ramadhan dan kemudan dilanjutkan jadi usaha rumahan maupun usaha sampingan berkelanjutan di bulan-bulan selanjutnya.

 

Macam Bisnis Makanan dan Minuman yang Cocok Dikerjakan di Bulan Ramadhan

Dalam artikel kali ini akan kami tuturkan beberapa jenis usaha makanan dan minuman yang sekiranya akan sukses ketika dijalankan di bulan puasa.

Hal yang perlu diingat, bahwa saat memulai bisnis kuliner ini anda tidak perlu khawatir akan modal yang dikeluarkan, disamping karena ini termasuk usaha modal kecil kemungkinan suksesnya juga cukup besar. Jika anda memiliki keahlian di bidang kuliner makan kemungkinan kesuksesan anda menjadi semakin besar.

Hobby berburu kuliner yang menjadi kecenderungan masyarakat saat Ramadhan juga merupakan penjamin kesuksesan bagi anda dalam menjalankan usaha di bidang ini. Sehingga anda tidak perlu terlalu khawatir bahwa dagangan anda akan tidak laku.

Beikut beberapa bentuk usaha kuliner yang sangat cocok untuk dikerjakan selama bulan Ramadhan.

 

  1.  Berjualan Kue Rumahan

Saat masuk bulan puasa, berbagai macam kue akan sangat mudah kita temukan di mana pun, terutama ketika sore dan menjelang maghrib, sangat banyak masyarakat yang berjualan beraneka macam kue yang biasa digunakan untuk buka puasa.

Meskipun sudah cukup banyak orang yang terjun ke bisnis kue saat bulan Ramadhan, bukan suatu masalah jika anda ikut menekuninya pula. Jika anda mempunyai produk kue dan cara berjualan yang unik, dipastikan dagangan kue anda akan tetap laku keras. Terutama jika anda ibu rumah tangga, saat memasak menu berbuka puasa juga bisa sekaligus anda manfaatkan untuk mencoba membuat kue.

Bukan hanya untuk berbuka puasa saja, tapi jualan kue ini bisa anda lanjutkan hingga jelang Hari Raya Idul Fitri. Karena biasanya saat lebaran akan banyak rumah tangga yang membutuhkan beraneka macam kue untuk menjamu tamu. Dengan begitu keuntungan anda yang dapatkan akan semakin meningkat. Kalau perlu lanjutkan jualan kue terus hingga pada hari-hari biasa. Memanfaatkan waktu bulan puasa untuk promosi berbagai kue produksi anda dan menjadikannya usaha rumahan (home industry) di hari-hari selanjutnya.

 

  1. Bisnis Jualan Kurma

Kurma merupakan makanan yamg berasal dari Jazirah Arab, yang biasa digunakan oleh umat Islam untuk berbuka puasa. Saat buka puasa tiba hampir setiap keluarga muslim selalu menyediakan korma, mulai dari kurma ajwa maupun kurma-kurma yang lainnya.

Di samping karena cocok dijadikan menu berbuka karena rasanya manis serta lezat, menyantap kurma di saat berbuka puasa juga dinilai sebagai suatu kesunnahan. Sehingga ketika bulan puasa banyak masyarakat yang berusaha mencari kurma sebagai salah satu menu buka puasanya.

Dengan banyaknya orang yang mencari buah kurma saat menjelang Ramadhan maupun saat sudah masuk bulan ini maka peluang bisnis dalam berjualan kurma ini cukup besar. Sangat sayang jika disiakan. Ini bisa jadi usaha musiman yang cukup menguntungkan.

 

  1. Membuat Usaha Jualan Minuman Dingin dan Segar

Iklim Indonesia yang tropis ini memang cocok minum minuman segar di saat panas menerikkan kulit. Apalagi saat bulan puasa yang mana rasa haus benar-benar terasa. Akan sangat nikmat saat berbuka dengan minuman yang dingin dan segar. Rasanya lega, rasa haus panas disiram dengan segelas minuman dingin.

Oleh karena itulah, saat sore hari di bulan puasa, biasanya para penjual minuman dingin diserbu para pembeli. Mereka berebut untuk dapat menghilangkan dahaga setelah seharian puasa. Minuman dingin dan segar ini bisa berupa es jus, es campur, es kelapa muda, dan lain sebagainya. Terkadang, dengan menenggak segelas es dingin saja, perut sudah terasa nyaman dan kenyang dan tidak ingin makan makanan berat seperti nasi.

Melihat perilaku masyarakat yang sangat suka membeli minuman dingin saat menjelang buka puasa, menandakan bahwa peluang bisnis dalam bidang ini cukup lebar dan tentunya dapat menghasilkan keuntungan yang lumayan besar. Untuk membuka usaha ini anda tidak perlu susah payah untuk menyewa lokasi, anda bisa saja berjualan di depan rumah atau pun di jalanan. Sehingga potensi keuntungan yang anda dapatkan akan makin bertambah.

 

  1. Usaha Jualan Sop Buah

Usaha lainnya yang biasanya sangat dibutuhkan orang-orang di bulan Ramadhan adalah berjualan sop buah dari berbagai macam buah-buahan segar dicampur air gula, es, dan lain-lain.

Bisnis sop buah ini sangat potensial dikerjakan di bulan puasa. Sebenarnya bukan hanya bulan puasa saja, di hari-hari biasa usaha sop buah juga lumayan menguntungkan, asalkan anda dapat memilih lokasi yang tepat dan memproduksi sop buah yang nikmat.

Kenapa saat bulan Ramadhan akan lebih potensial untuk berjualan sop buah? Karena sop buah sangat diminati untuk digunakan sebagai menu pembuka pada saat berbuka puasa. Kesegarannya memang menjadi alasan utama kenapa minuman bergizi ini sangat diminati.

Meskipun saat bulan Ramadan biasanya penjual sop buah bertambah, tapi anda tidak perlu khawatir karena masih cukup lebar peluang yang bisa anda ambil dalam ide usaha ini. Karena saat itu permintaan akan sop buah juga cukup tinggi. Asalkan anda dapat memilih lokasi yang tepat untuk berjualan, maka sop buah produksi anda dijamin akan laku keras.

 

  1. Berjualan Berbagai Macam Gorengan Sehat

Hampir setiap rumah di Indonesia menyediakan gorengan sebagai menu andalan saat makan. Gorengan mulai dari tahu dan tempe selalu tersedia di atas meja. Apalagi di saat bulan puasa, menu ini tidak pernah terlepas dari meja-meja makan mereka. Setidaknya sebagai makanan pembuka jika tidak langsung digunakan sebagai makanan lauk-pauk utama.

Masalahnya saat bulan puasa biasanya waktu terbatas untuk memasak, entah dikarenakan malas memasak (kecapean) ataupun karena kerja. Sehingga banyak juga yang lebih suka membeli gorengan di luaran daripada memasak sendiri di rumah.

Kebutuhan akan gorengan di bulan puasa yang cukup tinggi ini dapat anda manfaatkan untuk berbisnis. Anda bisa mencoba usaha ini. Prospek keuntungannya sangat bagus karena gorengan seperti tahu, tempe, risoles, pisang goreng, bakwan, dan lain-lain memang sangat digemari oleh masyarakat kita. Jadi silahkan coba usaha ini.

 

  1. Membuka Usaha Jualan Kolak

Indonesian mempunyai tradisi yang unik di saat bulan Ramadhan. Di antaranya adalah berbuka puasa dengan kolak. Tradisi ini tidak diketahui mulai kapan adanya.  Tapi yang jelas, rata-rata keluarga di Indonesia lebih suka berbuka dengan menu sedap ini dibanding menu-menu yang lainnya. Di samping segar, kolak juga cukup bisa mengenyangkan, tapi tidak terlalu kenyang, karena berisi berbagai buah-buahan seperti pisang, ubi, kolang-kaling, dan lain sebagainya.

Kolak yang ketika dimakan tidak membuat kenyang berlebihan disukai oleh banyak orang, karena tidak membuat ngantuk sehingga tetap bisa beribadah shalat tarawih dengan khusu’. Rasanya yang manis dan lezat juga menjadi keunggulan tersendiri.

Tidak heran ketika bulan Ramadhan tiba, banyak orang yang tiba-tiba menjadi penjual kolak dadakan, karena potensi untungnya memang cukup besar. Jika anda mau, anda pun juga bisa mencoba untuk menjualnya. Tidak perlu khawatir dengan saingan yang sudah ada, selama anda bisa berikan kualitas kolak yang baik dengan memberikan aneka warna buah-buaha maka usaha kolak anda pasti akan tetap banyak peminatnya.

 

  1. Bisnis Es Krim

Bisnis es krim (ice cream) di bulan di bulan Ramadhan juga merupakan salah satu ide usaha yang cemerlang. Di bulan puasa, biasanya saat sore hari banyak orang-orang yang ngabuburit. Saat ngabuburit tidak ada salahnya jika kita sambil berjualan es krim. Dengan begitu di samping bisa bersantai menunggu waktu adzan tiba, kita juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

Berjualan makanan dan minuman saat bulan Ramadhan memang cukup menggiurkan keuntungannnya. Di samping mendapatkan uang yang cukup lumayan, juga bisa dijadikan ngabuburit sambil menunggu saat berbuka tiba. Bagaimana, anda tertarik untuk mencoba salah satu di antara berbagai jenis usaha makanan dan minuman yang telah kami tuliskan di atas?

One Response

Tinggalkan Balasan