7 Peluang Usaha yang Menjanjikan Keuntungan Besar di Jakarta

Tidak dapat dipungkiri, jumlah penduduk Jakarta semakin bertambah tiap tahunnya. Wajar saja, karena mayoritas penduduk daerah berfikir bahwa Jakarta merupakan pusat ibu kota sehingga banyak lowongan kerja yang bisa dijadikan patokan hidup.

Memang tidak ada yang salah dengan hal itu, karena mayoritas perusahaan besar dan perkantoran memang terkumpul di Jakarta, jadi pastinya membutuhkan banyak karyawan maupun tenaga ahli.

Akan tetapi, mau sampai kapan Anda terus menjadi seorang karyawan? Belum lagi nanti harus siap siaga untuk di-PHK secara mendadak, jadi pengangguran karena perusahaan tempat Anda bekerja gulung tikar, dan kejadian tak terduga lainnya.

Untuk itulah, sudah saatnya Anda merubah sudut pandang, ‘merantau ke Jakarta bukan untuk mencari pekerjaan, tapi membuka lowongan pekerjaan’. Caranya bagaimana? Ya Anda harus pintar-pintar membaca keadaan dan berani untuk membuka usaha sendiri.

Masih bingung mau usaha apa? Lanjut bacanya! Berikut beberapa ide bisnis dan peluang usaha yang menjanjikan dengan keuntungan yang besar di Jakarta:

 

  1. Buka usaha kuliner khas daerah.

Hampir tiap daerah memiliki kuliner andalan yang tidak diragukan lagi rasa khasnya dan hanya bisa ditemukan di daerah asalnya (jika ingin kuliner yang benar-benar khas), seperti: pempek-pempek palembang, soto lamongan, rawon surabaya, dan lain sebagainya.

Sementara mayoritas penduduk Jakarta berasal dari berbagai daerah. Bahkan banyak juga yang berasal dari luar negeri yang notabenenya mereka adalah para bisnisman, biasanya tertarik dan menyukai hal-hal yang unik dan aneh.

Kesempatan ini bisa Anda jadikan ide usaha untuk menjual kuliner khas dari daerah Anda. Dijamin mereka pun bakal antusias untuk mencicipinya tanpa harus pergi jauh ke daerah asal kuliner tersebut.

 

  1. Buka usaha warung makan.

Untuk ide bisnis yang satu ini memang tidak ada matinya. Mau di daerah, di kota besar, di kota pinggiran, bahkan di desa sekali pun pasti ada usaha warung makan. Dapat dipastikan jenis usaha ini benar-benar menjanjikan dengan keuntungan besar.

Nah, kalau tahu seperti itu, kenapa Anda tidak mencoba peluang usaha warung makan di Jakarta dengan harga yang terjangkau semua kalangan, mulai dari pegawai kantor, mahasiswa, hingga kuli bangunan.

Pastikan Anda memilih tempat yang strategis, yang dilewati banyak orang, seperti dekat perkantoran, pertokoan, rumah sakit, kos-kosan, bengkel, dan tempat umum lainnya.

 

  1. Buka usaha jasa kurir dalam kota.

Meskipun kemacetan adalah dalang dari permasalahan ibu kota yang belum ada solusinya, tapi dibalik itu semua, ada peluang usaha yang menjanjikan dan patut Anda coba, yaitu usaha jasa kurir antar barang dalam kota.

Ditambah lagi gaya hidup masyarakat Jakarta sudah modern, sehingga hampir rata-rata mereka sudah memakai sistem online yang serba cepat, mudah, dan tak perlu pindah tempat, baik untuk belanja busana muslim, keperluan rumah tangga, elektronik, dan kebutuhan lainnya. Bahkan untuk jenis makanan sekalipun, seperti nasi goreng sudah ada yang memakai jasa antar makanan, waow..

Jadi sangat memungkinkan bukan, dalam hitungan beberapa tahun ke depan, peluang usaha jasa kurir menuai omset beberapa kali lipat dari sekarang. Karena masyarakat semakin malas untuk mengantar maupun mencari barang sendiri, yang mana akan menghabiskan banyak waktu dan tenaga jika sampai terjebak kemacetan. Dan budaya masyarakat yang suka dengan transaksi online semakin mendarah daging.

Sehingga jasa kurir antar barang maupun makanan di ibu kota menjadi salah satu peluang bisnis dengan prospek yang menjanjikan, asal Anda pandai dalam memasarkan jasa, pelayanan memuaskan, dan harga yang lebih murah dibanding kurir jasa yang sudah ada.

 

  1. Buka usaha bengkel.

Faktor utama terjadi kemacetan di ibu kota adalah dikarenakan minimnya minat masyarakat ke angkutan umum, sehingga dapat dipastikan mereka lebih memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi.

Karena mereka lebih memilih kendaraan pribadi, sehingga angka terjadinya kemacetan dan kerusakan meningkat. Dari sini lah mereka membutuhkan bengkel untuk menservice kendaraanya.

Modal utama yang Anda perlukan untuk memulai usaha bengkel ini adalah tempat yang strategis, mudah dijangkau dan pastinya peralatan perkengkelan yang lengkap. Anda tidak perlu menyewa ahli bengkel untuk usaha yang satu ini, karena bisa Anda kerjakan sendiri dengan syarat Anda paham dan kompeten dalam bidang perbengkelan.

 

  1. Buka usaha cuci sofa

Masyarakat Jakarta mayoritas adalah pekerja kantoran, sehingga tidak ada waktu untuk mencuci sofa, kursi kantor, karpet, maupun sejenisnya. Sehingga usaha cuci sofa ini bisa anda jadikan usaha rumahan dengan keuntungan yang menjanjikan.

Apalagi pada saat menjelang puasa dan lebaran. Bisa dipastikan omset yang akan Anda dapatkan bisa meningkat drastis dari hari-hari biasanya.

 

  1. Buka usaha jasa laundry.

Sama halnya dengan usaha cuci sofa, usaha jasa laundry pun tak kalah menggiurkan. Apalagi Anda memilih tempat yang dekat dengan kos-kosan mahasiswa maupun karyawan.

Meskipun keuntungannya tidak sebesar jasa cuci sofa, kursi kantor maupun karpet, tapi jika ditekuni, hasilnya akan lebih menguntungkan dibanding jasa cuci sofa. Bayangkan saja, dalam sehari orang biasa ganti baju minimal 2x, belum termasuk setelan jas maupun baju kerja lainnya.

Jika 1 orang saja menjadi pelanggan setia Anda, dapat dipastikan dalam seminggu Anda mendapatkan pesanan baju laundry minimal 5 kg. Itu baru 1 orang. Jika semua penghuni kos-kosan melaundrykan bajunya ke Anda, dapat dibayangkan berapa omset Anda.

Dikarenakan bisnis rumahan jasa laundry ini bersifat harian, berbeda dengan cuci sofa, karpet maupun kursi kantor, bersifat musiman atau minimal sebulan sekali anda dapat orderan.

Belum lagi setelan jas dan baju kerja lainnya. Karena hampir sebagian besar orang pekerja paling malas dan ribet untuk mencuci setelan jas. Dengan alasan khawatir cepat rusak jika dicuci sendiri, karena tidak punya alat khusus dan lain sebagainya.

 

  1. Buka usaha jadi interpreter

Apa itu interpreter? Interpreter atau juga dikenal juru bahasa merupakan penerjemah dua bahasa atau lebih secara langsung dan segera. Berbeda dengan translator ya, yang identik dengan penerjemah secara tertulis (tidak langsung dan segera).

Interpreter ini seringkali dipakai di acara seminar, diskusi, urusan bisnis, lobi untuk kerjasama dengan investor maupun perusahaan luar negeri.

Berhubung di Jakarta merupakan pusat bisnisman dan investor asing, peluang Anda menjadi interpreter sangat terbuka lebar. Karena hampir kebanyakan perusahaan bekerjasama dengan investor asing.

Meskipun ada sebagian karyawan maupun managernya sendiri yang jago dalam berbahasa asing, kemungkinan besar mereka masih membutuhkan interpreter handal untuk urusan bisnis, apalagi sudah menyangkut lobi untuk bisa kerja sama.

Modal yang Anda butuhkan adalah pastinya kemampuan anda dalam menguasai kedua bahasa. Tidak hanya terbatas di situ saja, tapi dibutuhkan konsentrasi dan daya ingat kuat pada saat anda menjadi interpreter. Karena dengan jeda waktu yang sangat singkat, anda harus bisa menyampaikan apa yang disampaikan klien dengan tepat sasaran dan benar, tanpa mengurangi maksud dari yang disampaikan klien.

Selain itu budaya kedua negara juga perlu Anda kuasai. Jangan sampai Anda menjadi seorang interpreter tapi tidak paham sedikitpun dengan budaya kedua klien Anda.

Karena tidak ada sekolah interpreter. Semakin lama Anda menjadi interpreter dengan pengalaman yang semakin bertambah dan kemampuan yang makin profesional, dijamin Anda akan menjadi interpreter yang diincar banyak perusahaan.

Nah, itu tadi 7 peluang usaha menjanjikan yang bisa Anda terapkan di Jakarta. Sebelum Anda merantau ke Jakarta, pastikan Anda memiliki pandangan atau bayangan akan mengerjakan apa di sana, minimal Anda punya tekat dan niat untuk menjadi seorang bos, bukan anak buah bos.

Tinggalkan Balasan