8 Ide Peluang Usaha Sampingan untuk Wanita Karir

Menjadi seorang wanita karir tidaklah mudah. Karena harus rela berangkat pagi dan pulang sore hari. Terlebih bagi wanita yang sudah berkeluarga. Pastinya memiliki tanggung jawab terhadap anak, rumah, maupun suami.

Tapi hidup memang sebuah pilihan. Terkadang malah ada wanita yang lebih suka bekerja dibandingkan harus berdiam diri di rumah. Entah karena ingin menambah penghasilan suami, atau memang jenuh di rumah dan sudah terbiasa menjadi seorang pekerja, atau bahkan menjadi penopang keluarga.

Jika Anda memang ingin menjadi wanita karir, pastikan dukungan semua keluarga ada, terutama dukungan dari suami. Karena tidak menutup kemungkinan waktu Anda nantinya akan lebih banyak terpakai untuk urusan kerja dibandingkan dengan urusan rumah atau keluarga.

Terus bagaimana dengan wanita karir yang ingin menambah penghasilan dengan berbisnis? Hal ini sah-sah saja. Karena bukan hanya wanita karir saja yang perlu untuk berbisnis, bahkan karyawan, pegawai, PNS, guru, mahasiswa, maupun ibu rumah tangga bisa menjadi wirausaha. Asalkan punya niat dan tekad yang kuat dalam menjalankannya.

Karena disamping bisnis ini sebagai peluang usaha sampingan di sela-sela menjadi seorang wanita karir, bisa juga menjadi peluang bisnis Anda pada saat Anda memilih untuk resign dari perusahaan nantinya.

Jika Anda termasuk wanita karir yang memiliki niat untuk berbisnis, tidak ada salahnya Anda simak beberapa ide peluang usaha sampingan yang bisa Anda geluti di sela-sela kesibukan Anda. Hal yang terpenting adalah, apapun jenis usaha sampingan yang Anda pilih, pastikan sesuai dengan waktu, tenaga, dan kemampuan yang Anda miliki. Karena jika tidak, Anda akan kesulitan untuk menjalankannya, bahkan terkadang bisa mengganggu pekerjaan utama Anda.

Berikut 8 ide peluang usaha sampingan untuk wanita karir yang perlu Anda coba:

 

  1. Usaha sampingan toko online.

Beberapa tahun belakangan ini sudah marak yang namanya toko online atau online shop. Bahkan di pedesaan pun sudah mulai terbiasa dengan transaksi online yang serba mudah, cepat, dan efektif dibandingkan dengan belanja offline. Sehingga mereka tidak perlu menghabiskan waktu dan tenaga hanya untuk mencari dan membeli barang yang mereka butuhkan.

Gaya hidup modern dan kebiasaan belanja online bisa memberi peluang usaha sampingan bagi siapa saja, termasuk bagi Anda yang statusnya masih menjadi seorang wanita karir. Anda tinggal membuat website untuk toko online produk yang akan Anda jual.

Jika kesusahan dalam membuat toko online bentuk website, Anda bisa membayar jasa pembuat toko online. Atau berjualan di media sosial, baik facebook, whatsapp, instagram, line, maupun media sosial lainnya.

Modal yang Anda butuhkan hanya smartphone dan paket internet. Apalagi jika Anda berjualan di media sosial, Anda tinggal mengupload produk jualan Anda di sela-sela jam kerja dan mengawasinya dari kantor jika sewaktu-waktu ada yang tertarik dan menanyakan produk yang Anda jual.

Untuk packing dan pengiriman, Anda bisa mengerjakannya sepulang dari kantor. Atau jika perlu Anda menggaji pegawai yang bertanggung jawab di bagian packing dan pengiriman, juga membantu Anda dalam hal pemasaran produk.

 

  1. Usaha sampingan jualan tempat makan atau lunch box.

Tidak sedikit karyawan atau pegawai yang selalu membawa bekal makan siang, terutama setelah mereka berkeluarga. Wajar saja, karena dengan membawa bekal dari rumah, mereka bisa menghemat pengeluaran.

Coba kita bandingkan berapa ribu uang Anda langsung habis hanya dengan sekali makan siang di luar. Tapi dengan membawa bekal makan siang sendiri, bukan hanya Anda berhemat, tapi Anda juga menyenangkan istri karena memilih untuk makan masakannya dibandingkan harus jajan di luar.

Nah, Anda sebagai seorang wanita karir harus pintar-pintar dalam membaca keadaan. Anda bisa memanfaatkan kebiasaan mereka yang membawa bekal dari rumah dengan berjualan tempat makan siang atau lunch box.

Meskipun sebenarnya harga lunch box tidak seberapa, dan orang jarang sekali ganti. Namun tidak menutup kemungkinan rekan kerja Anda mau membelinya. Bukan hanya terbatas di sini saja, Anda bisa mengembangkan bisnis sampingan ini dengan merambah ke botol air minum, dan peralatan rumah tangga, seperti: panci per set, wajan anti lengket, dan lain sebagainya.

Jika rekan kerja Anda tahu kalau Anda berjualan, pastinya mereka akan lebih memilih untuk membeli di tempat Anda. Kenapa? Karena mereka bakal berpikir dengan harga yang sama mereka tidak perlu keluar tenaga dan waktu jika membeli produk Anda dibandingkan harus capek-capek mencari di toko.

 

  1. Usaha sampingan jualan aksesoris wanita.

Setiap kali wanita tampil dengan fashion andalan pasti tidak pernah luput dari yang namanya aksesoris wanita. Karena selain untuk menambah rasa percaya diri, juga bisa mempermanis dan mempercantik penampilan.

Jadi wajar jika jualan aksesoris wanita bisa menjadi salah satu ide usaha sampingan yang patut Anda pertimbangan. Karena Anda bisa menjual dengan harga yang lumayan tinggi namun bahan kerajinan tangan atau aksesoris wanita yang Anda gunakan rata-rata murah dan terjangkau. Sehingga ide bisnis ini terbilang menggiurkan dengan keuntungan yang lumayan besar.

Pada hari libur maupun sepulang kerja Anda bisa meluangkan waktu untuk membuat sendiri aksesoris yang akan Anda jual. Dan pada saat jam istirahat, Anda tinggal menawarkan ke rekan kerja.

Jika waktu Anda terbatas, karena harus sibuk dengan keluarga di rumah sepulang kerja, Anda bisa menjual produk yang simpel dan mudah dibuat seperti bros jilbab. Bahan yang Anda gunakan pun bisa beragam, mulai dari kain flanel, kain perca, pernak-pernik mutiara atau mote, dan sejenisnya.

Bahkan Anda juga bisa memanfaatkan barang bekas untuk dijadikan bahan utama aksesoris wanita yang akan Anda jual. Seperti botol plastik bekas misalnya, Anda bisa mendaur ulang botol plastik bekas menjadi aksesoris gelang, anting-anting, bros, liontin kalung, dan lain sebagainya.untuk totorial cara pembuatannya Anda bisa mengunjungi website daur ulang www.zonakreatif.com.

Hal yang penting untuk diperhatikan adalah, produk aksesoris yang Anda jual harus unik, langka, dan kreatif. Dengan begitu, rekan kerja Anda akan tertatik untuk membeli. Apalagi tidak ada satupun toko yang menjual produk aksesoris wanita yang sama persis dengan yang Anda jual.

Pada saat aksesoris Anda sudah mulai laku dan dikenal orang, Anda bisa mencoba menjual produk aksesoris lainnya, seperti: syal maupun scraf, topi, jam tangan, dan produk lainnya. Dengan begitu, rekan kerja Anda tidak akan bosan untuk membeli produk Anda, karena memang bervariasi dan unik.

 

  1. Usaha sampingan jualan tas.

Kenapa pada poin ini tidak kami gabungkan dengan poin di atasnya, yaitu usaha sampingan jualan aksesoris wanita? Karena usaha sampingan jualan tas sendiri bisa menjadi satu ide bisnis yang menjanjikan.

Buktinya apa? Banyak sekali toko baik toko offline maupun toko online yang hanya menjual produk tas saja. Tapi bisa menghasilkan jutaan rupiah per bulannya. Karena dengan ide bisnis yang khusus namun lengkap akan menjadi icon di toko jualan mereka.

Nah, jika Anda tahu seperti itu, kenapa Anda tidak mencoba ide bisnis sampingan ini? Anda tidak perlu capek-capek memasarkan produk tas Anda. Karena target utama Anda adalah rekan kerja yang hampir di tiap perusahaan pasti ada banyak wanita karir seperti Anda.

Kalaupun rekan Anda kebetulan semua pria, maka Anda tidak akan mati pemasaran, karena sebagian dari mereka pastinya adalah seorang suami yang beristri, atau seorang bujangan yang memiliki pacar maupun tunangan. Yang penting Anda pintar dalam memasarkannya.

Belum lagi Anda bisa menawarkan ke teman-teman komunitas Anda. Keluarga rekan kerja yang kebetulan Anda kenal, tetangga, maupun teman lainnya.

 

  1. Usaha sampingan jualan baju kerja.

Kebutuhan utama seorang pekerja adalah baju kerja atau baju kantoran. Jadi tidak ada salahnya Anda mencoba untuk menjual baju kerja. Terlebih Anda seorang wanita, pastinya lebih paham tentang bahan atau jenis kain kerja yang bagus dan nyaman dipakai seharian.

Sehingga rekan kerja Anda tidak akan canggung untuk membelinya. Namun, untuk baju kerja pria, sebaiknya Anda kurangi jumlahnya, karena mayoritas pria sungkan jika harus membeli baju kantor di tempat kerjanya.

Dikarenakan Anda juga menjadi salah satu pekerja di sana dan memakai baju kerja, maka peluang Anda untuk memperkenalkan dan mengembangkan usaha sampingan ini lebih besar. Anda juga bisa lebih bebas dan leluasa untuk berkreasi dan memilih bahan yang bagus namun dengan harga yang sesuai kantong rekan kerja.

Sehingga dapat dipastikan usaha sampingan anda ini benar-benar menjanjikan dengan keuntungan besar. Asal, Anda pandai dalam memasarkan dan memberi pelayanan yang memuaskan.

 

  1. Usaha sampingan jualan pulsa elektrik.

Banyak sekali konter atau agen pulsa saat ini, karena memang pulsa merupakan kebutuhan yang paling dicari. Mulai dari anak-anak hingga kakek-nenek selama mereka menggunakan handphone maupun paket internet.

Tidak hanya terbatas di smartphone saja, pulsa elektrik juga dibutuhkan untuk mengisi listrik. Dan hampir sebagian besar rumah baru, terutama kos-kosan, kontraan, maupun perumahan menggunakan listrik dengan pengisian pulsa. Jadi terbuka lebar bagi Anda wanita karir yang berniat untuk bisnis pulsa elektrik sebagai usaha sampingan.

Mengingat jualan pulsa elektrik sangatlah mudah. Anda hanya butuh handphone dan modal pulsa jualan 500 ribu saja, Anda bisa memulai untuk menjalankan peluang usaha ini. Target pasar Anda bukan hanya rekan kerja, tapi keluarga, tetangga, dan teman-teman Anda.

Karena orang cenderung lebih suka membeli pulsa ke agen terdekat dengan harga yang tidak jauh beda, bahkan sama, apalagi sudah kenal dengan Anda. Selain itu, orang malas untuk pergi ke agen, jadi seringkali minta diisikan pulsa terlebih dahulu lalu bayar belakangan.

 

  1. Peluang usaha jualan kosmetik.

Hampir semua wanita butuh yang satu ini, karena merupakan kebutuhan primer yang harus dimiliki. Terlebih bagi wanita yang tidak bisa lepas dari yang namanya kosmetik. Maka dari itu, dapat dipastikan ide usaha sampingan berjualan kosmetik memang perlu Anda coba, karena tidak akan ada matinya.

Meskipun para wanita membeli produk kosmetik tidak secepat seperti membeli pakaian apalagi membeli makanan, tapi jika Anda tekuni, omset yang Anda dapatkan sangat menjanjikan. Terlebih jika Anda menjual produk kosmetik brand yang sudah terkenal friendly di kalangan wanita.

Target pertama Anda adalah rekan kerja di kantor. Anda bisa menawarkan ke mereka secara lisan maupun memberi brosur atau katalog produk kosmetik yang Anda jual. Dan pada saat ada yang tertarik dan ingin membeli kosmetik jualan Anda, tinggal Anda bawa pada saat hari kerja berikutnya. Simpel bukan?

Jika Anda ingin memperluas target pasar, Anda bisa menawarkan pada rekan kerja untuk menjadi reseller. Dengan begitu pasar Anda akan semakin luas. Karena reseller akan menawarkan produk Anda ke kerabat, teman, tetangga, maupun teman di media sosialnya.

Jika memungkinkan, Anda juga bisa menjual produk kosmetik yang Anda jual secara online. Tapi untuk lebih efektifnya, sebaiknya Anda menjual secara offline terlebih dahulu.

 

  1. Bisnis investasi.

Jika Anda termasuk wanita karir yang suka dengan bisnis tapi tidak ada waktu luang sama sekali untuk menjalankannya. Maka ide usaha yang terakhir ini sangat cocok untuk Anda, yaitu bisnis investasi.

Anda masih bisa menambah penghasilan tanpa harus susah payah membagi waktu dan menguras tenaga. Anda tinggal menginvestasikan penghasilan Anda di sebuah perusahaan maupun usaha kecil-kecilan.

Dalam hal ini, segala jenis bisnis, baik usaha rumahan, usaha kecil, usaha waralaba, usaha online, ukm, dan jenis usaha lainnya tidak jadi persoalan, yang penting Anda tidak salah dalam memilih usaha tempat Anda berinvestasi. Jangan sampai Anda asal-asalan sehingga bukannya laba yang Anda dapatkan, tapi justru malah tidak menghasilkan apa-apa.

Maka dari itu, teliti dan pelajari terlebih dahulu bisnis yang Anda bidik untuk berinvestasi. Ikuti perkembangan dan sepak terjang usaha tersebut. Dan prospek ke depannya harus bisa Anda prediksikan.

Bukan hanya investasi offline saja yang bisa Anda coba, Anda juga bisa mencoba investasi online. Karena beberapa tahun belakangan ini usaha online semakin marak dan menjamur. Sehingga kesempatan Anda untuk berinvestasi semakin terbuka lebar.

Jika Anda khawatir dalam berbisnis investasi dengan berbagai macam risikonya, maka Anda bisa mencoba deposito bank. Bisnis deposito bank ini sejenis dengan investasi maupun tabungan. Anda tinggal mendepositkan uang di bank dan lambat laun uang Anda akan bertambah.

Gimana, sudah ada gambaran belum mau buka usaha sampingan seperti apa? Yang terpenting adalah niat, tekad yang bulat, dan berani untuk mencoba. Semoga tips bisnis kali ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan