9 Peluang Usaha Sampingan yang Cocok untuk Guru

Beberapa saat yang lalu telah kami berikan beberapa contoh tentang berbagai usaha sampingan dan usaha rumahan yang menguntungkan dan pantas anda coba untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Kali ini kami akan lebih spesifik membahas berbagai bisnis sampingan yang cocok untuk guru.

Guru adalah salah satu profesi yang penting di masyarakat. Melalui guru lah, semua orang dari berbagai macam profesi mendapatkan pengetahuannya. Dalam beberapa tradisi, guru dianggap sebagai orang tua kedua setelah orang tua aslinya. Karena dari guru, seorang pelajar mempelajari banyak hal tentang baik dan buruk. Maka tidak heranlah kalau guru juga disebut sebagai pahlawan tanpa tanda jasa.

Meskipun mereka sering disebut sebagai pahlawan, ironisnya seringkali gaji guru tidak sesuai dengan apa yang telah diberikan. Hingga mau tidak mau, terkadang seorang guru harus berani mengambil langkah untuk sedikit keluar dari jalurnya, yaitu menjadi seorang pengusaha atau wiraswasta.

Apalagi bagi guru honorer, malah seringkali honor yang didapatkan benar-benar jauh dari standar yang layak. Jauh antara keringat dan pikiran yang dikeluarkan dibanding honor yang diterima. Maka sangat wajar, bila saat ini mulai banyak bermunculan para guru yang menyambi berdagang.

Bayangkan, bagaimana gaji guru yang terkadang per bulannya hanya mendapatkan Rp.300.000, bahkan ada juga yang hanya mendapatkan Rp.100.000 per bulan. Sangat miris bukan.

Salah satu jalan untuk keluar dari kondisi seperti ini adalah mencoba mencari peluang usaha yang bisa dijadikan pekerjaan sambilan dengan tetap bisa mengabdi kepada masyarakat dalam mengajar.

Gaji yang terlalu rendah itu, untuk sebulan, dua bulan, mungkin masih bisa diterima, dengan adanya semangat pengabdian. Tapi tentunya tidak bisa terus menerus seperti itu, karena pasti akan jadi problem besar juga. Jadi masalah ekonomi bagi diri sendiri dan keluarga. Maka harus berani berpikir out of the box, keluar dari kotak. Mencoba peluang bisnis yang sekiranya bisa dijalankan.

Terdapat banyak peluang bisnis yang bisa dicoba oleh para guru. Dan tentunya, bagi seorang guru yang berjiwa pengajar, akan berusaha memilih ide usaha yang bisa dikerjakan sebagai usaha sampingan. Tidak menghilangkan kesempatan atau waktu untuk tetap dapat mengajar.

Mencoba berbagai ide bisnis yang sekiranya tidak membutuhkan modal terlalu besar, bahkan kalau mungkin usaha tanpa modal. Waktu yang cukup leluasa bagi guru juga sangat cocok mengerjakan bisnis sampingan. Karena biasanya jam kerja guru lebih sedikit daripada para karyawan kantoran lainnya. Sehingga lebih leluasa untuk membuka suatu bisnis sampingan.

Umumnya, guru bekerja dimulai dari pagi hari hingga siang. Adapun karyawan kantoran biasanya bekerja dimulai dari pagi hari hingga sore hari, bahkan ada juga yang sampai malam hari karena lembur. Dengan cukup banyaknya waktu luang yang dimiliki oleh guru maka sangat tepat jika seorang guru menyambi pekerjaan sampingan lainnya.

Banyak sekali pilihan usaha sampingan guru yang bisa dicoba. Jika anda adalah seorang guru dan bingung memilih bisnis apa yang cocok bagi anda, dalam artikel wirausaha kali ini akan kami berikan beberapa contoh usaha sampingan yang cocok untuk guru:

 

  1.  Membuka Kursus Bahasa Asing

Di zaman modern yang memaksa seluruh negara untuk menerima globalisasi ini berakibat setiap negara harus memiliki cukup banyak orang-orang yang bisa memahami selain bahasanya sendiri. Baik untuk urusan kenegaraan, perdagangan, maupun lainnya, membutuhkan orang-orang yang paham bahasa asing. Kenyataan ini meniscayakan munculnya berbagai institusi-institusi dan lembaga-lembaga yang membuka berbagai pelajaran tentang bahasa asing.

Di antara yang bergerak dalam pembelajaran bahasa asing ini adalah kursus-kursus bahasa asing yang mulai banyak bermunculan. Banyak orang yang membutuhkan tempat kursus ini. Di sini lah peluang pekerjaan yang bisa dimanfaatkan oleh para guru yang mempunyai keahlian dalam berbahasa asing.

Banyak pola-pola yang bisa dipakai dalam membuka kursus bahasa asing ini. Bisa dengan model les privat yang dijalankan secara perorangan, yakni murid mendatangi guru atau guru mendatangi murid, bisa juga dengan model lembaga kursus yang lebih resmi.

Jika anda berminat terjun ke bisnis kursus bahasa asing, anda bisa bergabung dengan lembaga-lembaga kursusan yang sudah ada, atau bisa pula secara mandiri memprivat murid secara personal.

Tentu saja, syarat utama yang harus anda penuhi untuk terjun ke lowongan pekerjaan ini adalah anda harus mempunyai kemampuan dalan berbahasa asing.

Selain kemampuan berbahasa asing yang mumpuni, anda pun harus mempunyai skill dalam hal ajar-mengajar. Karena kemampuan yang tinggi tanpa diimbangi dengan skill mengajar yang bagus hanya akan sia-sia untuk masuk ke bidang ini.

Bahasa asing yang biasanya dibutuhkan oleh para murid adalah bahasa Inggris, bahasa Arab, bahasa China, bahasa Korea, bahasa Jepang, serta bahasa-bahasa lainnya yang seringkali dibutuhkan orang untuk berdagang atau mencari pekerjaan di luar negeri.

Jika anda menguasai salah satu dari bahasa-bahasa tersebut, kiranya akan sangat cocok jika anda mencoba terjun ke usaha ini. Dengan begitu, selain mendapatkan penghasilan dari menjadi guru konvensional, anda pun akan menerima pendapatan tambahan dari mengajar kursus bahasa asing tersebut.

 

  1.  Membuka Les Privat Mata Pelajaran Tertentu

Bagi seorang guru tentunya sudah tidak canggung lagi tentang tata cara mengajar. Oleh karena itu, usaha sampingan les privat ini sangat cocok bagi anda yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan. Karena sama-sama membutuhkan skill mengajar sehingga akan memudahkan anda saat akan memulai bisnis ini.

Agar mendapatkan penghasilan yang relatif lebih besar, anda bisa mengajarkan beberapa mata pelajaran, dengan begitu hasil yang anda dapatkan pun akan lebih banyak. Tapi dengan syarat, anda memang menguasai bidang mata pelajaran tersebut. Misal, anda mengajarkan matematika, bahasa Indonesia, dan, IPS, atau mata pelajaran lainnya yang anda kuasai.

Dengan membuka bisnis les privat, anda tidak perlu untuk mengeluarkan biaya terlalu banyak, karena anda sudah tidak perlu lagi menyewa tempat. Anda cukup memanfaatkan ruangan yang anda miliki di rumah seperti halaman rumah atau ruang tamu. Akan tetapi jika rumah anda terlalu sempit anda bisa mengajar les privat di rumah orang tua murid.

Keuntungan pekerjaan ini, di samping apa yang diajarkan sesuai dengan keahlian yang dimiliki, juga waktunya bisa leluasa. Karena biasanya pada sore atau malam hari. Sehingga pekerjaan utama anda sebagai seorang guru tidak terganggu.

 

  1.  Membuka Tempat Penyewaan Buku

Kegemaran para kutu buku dalam membaca seringkali terhalang oleh harga buku yang tinggi di pasaran. Padahal bagi seorang yang mempunyai kegemaran membaca, sehari saja tidak membaca rasanya ada yang kurang.

Dalam setiap kesulitan pasti ada peluang yang bisa diambil. Kesulitan orang dalam membeli buku karena harga buku yang relatif mahal bisa dimanfaatkan oleh orang-orang yang kreatif untuk memperoleh penghasilan sampingan. Yakni dengan menyewakan buku.

Usaha ini juga sangat cocok bagi anda yang berprofesi sebagai guru. Anda bisa membuka perpustakaan di rumah anda. Di samping bisa mendapatkan keuntungan dari hasil persewaan, anda juga berjasa dalam upaya mencerdaskan anak bangsa, dengan memfasilitasi orang-orang yang ingin membaca buku. Karena dengan menyewa buku di persewaan akan lebih hemat biaya daripada membeli buku secara langsung.

Gunakan ruang kosong di rumah anda sebagai tempat buku, sehingga anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk menyewa tempat. Sediakan berbagai buku, mulai dari buku yang berkaitan dengan pelajaran di sekolah, buku-buku serius, hingga novel dan komik.

Anda tidak perlu khawatir bahwa akan mengeluarkan banyak biaya untuk membeli buku. Anda bisa manfaatkan koleksi buku yang sudah anda miliki, buku-buku dari keluarga, juga beli buku di pasar buku bekas untuk mendapatkan harga yang leluasa bagi anda.

 

  1.  Menjadi Penulis Profesional

Jika anda mempunyai keahlian dalam tulis-menulis, akan sangat baik jika anda mencoba untuk merintis usaha penulis profesional ini. Dengan menjadi penulis, asalkan anda serius maka anda akan mendapatkan penghasilan yang lumayan besar. Tentunya dengan syarat, jika anda tahu caranya menjadikan tulisan as a business.

Sudah cukup banyak orang yang sukses mendapatkan banyak penghasilan dari keahlian menulis. Di sela-sela waktu mengajar anda, anda bisa memanfaatkan waktu yang ada dengan menulis berbagai karya tulis yang bisa menghasilkan uang.

Di antaranya dengan menulis suatu karya seperti opini untuk dikirimkan ke media massa. Jika tulisan anda diterima dan dimuat di media tersebut, anda akan mendapatkan honor tulisan yang lumayan. Bisa untuk menambah tabungan yang anda miliki.

Selain menjadi penulis di media massa, anda pun bisa mencoba untuk menjadi seorang content writer yang lebih dikenal sebagai jasa penulisan artikel untuk website.

Website-website yang membutuhkan content writer ini pun bermacam-macam jenisnya. Ada yang untuk website perusahaan ataupun untuk website perorangan yang biasa disebut sebagai blog.

Para pemilik blog yang disebut blogger seringkali membutuhkan jasa penulis artikel untuk menulis di blog-nya dengan imbalan nominal tertentu untuk setiap artikelnya. Ada pula yang mempekerjakan para penulis dengan sistem kontrak bulanan.

Saat ini, banyak di antara blogger yang oleh karena kesibukan tertentu tidak bisa lagi mengupdate blog-nya, sehingga mengandalkan penulis bayaran supaya blog miliknya tetap bisa eksis di ranah perbloggeran, khususnya eksis di pencarian Google. Dengan begitu, terbuka peluang pekerjaan yang cukup besar bagi orang-orang yang mempunyai kemampuan menulis artikel.

Artikel yang dimaksud adalah artikel-artikel yang membahas apapun sesuai dengan request pemilik blog. Baik berbahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Tapi jika anda mampu menulis artikel berbahasa Inggris dengan baik, maka peluang anda untuk mendapatkan penghasilan akan lebih besar. Karena biasanya harga artikel berbahasa Inggris lebih tinggi daripada yang berbahasa Indonesia.

 

  1. Membuka Bimbingan Belajar Online

Cara lain yang bisa anda gunakan untuk mendapat tambahan penghasilan adalah dengan membuka bisnis bimbingan belajar online.

Selama ini, terkait dengan bimbel, umumnya orang tahunya belajar bimbel itu secara offline. Dimana guru dan siswa bertemu secara langsung untuk proses belajar-mengajar. Tapi di era teknologi-informasi ini sudah mulai berubah. Mulai bermunculan jasa bimbingan belajar secara online.

Bagi sebagian orang, bimbel online ini lebih efisien daripada bimbel secara konvensional. Karena lebih leluasa dalam pengaturan waktu, lebih aman, lebih murah, serta lebih praktis. Tentunya dengan tetap mempertahankan mutu pengajaran.

Peluang usaha bimbel online ini bisa menjadi solusi bagi anda yang ingin mendapatkan penghasilan sampingan. Di antara keistimewaannya, anda tidak perlu keluar biaya terlalu banyak karena tidak perlu lagi menyewa tempat. Selain itu, anda akan lebih leluasa dalam mengatur jadwal anda, sehingga bisa memanfaatkan waktu yang kosong untuk aktivitas lainnya.

 

  1. Membuka Jasa Pengetikan dan Printing

Meskipun sudah jaman serba gatget, saat ini masih banyak masyarakat yang tidak memiliki komputer di rumahnya. Kecepatan kemajuan teknologi terkadang membuat orang tidak sempat untuk menikmati teknologi yang sebelumnya.

Meskipun sudah banyak gatget yang mirip fungsinya dengan komputer, tapi kenyataanya kebutuhan orang akan komputer tetap tidak tergantikan. Dibutuhkan komputer untuk aktivitas-aktivitas tertentu. Dengan begitu, peluang bagi anda untuk membuka jasa pengetikan dan print terbuka cukup lebar.

Selain itu, kesibukan yang terlalu banyak seringkali membuat orang tidak sempat untuk mengetik sendiri. Jika anda tinggal di sekitaran kampus, sekolah, atau perkantoran, peluang bisnis pengetikan dan print ini  lumayan besar. Manfaatkan peluang ini.

Jika anda ahli dalam mengetik, menguasai penggunaan software seperti microsoft word, dan mampu mengetik secara cepat (lebih bagus lagi jika anda menguasai teknik mengetik 10 jari), maka anda sangat cocok untuk membuka bisnis ini.

Anda akan mendapatkan nilai tambah, jika anda juga menguasai bahasa Inggris, karena cukup banyak orang yang membutuhkan jasa pengetikan bahasa Inggris, dimana tarifnya lebih tinggi daripafa pengetikan dalam bahasa Indonesia.

 

  1.  Terjun Menjadi Blogger Profesional

Jika anda sering surfing di internet tentunya anda pernah mendengar istilah bisnis online yang jenisnya sangat banyak. Dan di antara model mencari uang lewat internet itu adalah menjadi blogger.

Untuk menjadi seorang blogger, anda harus memiliki website atau blog. Terdapat website yang menyediakan blog gratisan. Untuk pemula, blog gratisan ini cocok untuk anda. Setelah mempunyai blog, tulis artikel sesuai berbagai artikel yang bermanfaat sesuai dengan kemampuan anda, kemudian pasang iklan. Terdapat banyak program periklanan di internet, silahkan pilih yang sesuai dengan kehendak anda. Dari periklanan itu lah anda akan mendapatkan bayaran yang lumayan. Makin banyak pengunjung pada blog anda, biasanya makin banyak pula uang yang bisa anda dapatkan dari iklan tersebut.

Bagi seoramg yang mempunyai hobby menulis, menjadi seorang blogger profesional adalah suatu pekerjaan yang mengasikkan. Selain bisa berbagi bermacam pengetahuan yang kita miliki, kita pun bisa mendapatkan uang tambahan.

Jangan salah bahwa anda mengira menjadi blogger hanya sedikit hasilnya. Jika anda serius dan mampu berbahasa Inggris, peluang keuntungan yang bisa anda dapatkan akan makin tinggi. Sudah banyak orang yang berhasil gajian sampai belasan hingga ratusan juta per bulan dari ngeblog. Oleh karena itu, jika anda punya kemampuan dalam tulis-menulis silahkan coba untuk menjadi blogger.

Sebagai seorang guru yang yang mempunyai banyak pengetahuan dan tentunya mempunyai skill dalam menulis, peluang ini sangat sayang jika anda abaikan. Jika anda kesulitan tentang rangkaian cara menjadi blogger, anda bisa belajar dari orang-orang yang telah sukses dalam bisnis ini. Anda juga bisa belajar dari berbagai forum bisnis online yang banyak tersebar di internet.

 

  1.  Bisnis Affiliate Marketing

Bisnis sampingan guru lainnya yang bisa anda coba adalah menjadi affiliate marketing. Caranya mirip dengan menjadi blogger di atas. Bedanya, dalam bisnis ini, penghasilan anda berasal dari komisi setelah berhasil menjualkan produk orang lain melalui blog yang anda isi review produk tersebut. Setiap produk yang terjual yang berasal dari link afiliasi yang anda pasang di blog, anda akan mendapatkan komisi sekian persen dari harga produk tersebut.

Keterampilan yang dibutuhkan pun sama dengan menjadi seorang blogger, yaitu keahlian dalam bidang tulis menulis. Affiliate marketing juga bisa anda gabungkan dengan bisnis model periklanan.

 

  1.  Menjadi Reseller Online

Saat ini banyak sekali produsen produk seperti butik, toko-toko baju, toko-toko mainan, dan barang-barang lainnya yang membutuhkan orang-orang yang mau memasarkan produknya.

Peluang ini bisa anda manfaatkan sebagai suatu usaha sampingan. Enaknya bisnis ini, anda tidak perlu banyak keluar biaya dan waktu. Anda hanya perlu menyebarkan gambar produk-produk tertentu sesuai dengan kesepakatan dengan pihak produsen, dengan harga yang anda naikkan sendiri. Anda bisa manfaatkan media sosial seperti facebook dan instagram.

Dan ketika terdapat order, anda tinggal memesan barang tersebut ke pihak pemilik aslinya (toko) untuk di-keep (tidak dijual kepada orang lain), kemudian anda mendatangi toko tersebut dan mengirimkannya kepada customer anda.

Bisnis ini sangat menguntungkan, karena anda memiliki waktu yang cukup leluasa dan anda tidak perlu keluar modal terlalu banyak. Anda juga terhindar dari resiko menimbun barang tidak terjual. Sangat menguntungkan bukan?

 

Dengan memiliki sumber pendapatan tambahan selain menjadi guru, akan bisa membantu anda untuk berkonsentrasi dalam pengabdian di masyarakat. Bisa lebih konsentrasi dalam mengajar para murid karena tidak terbebani oleh kebutuhan-kebutuhan rumah tangga.

Karena sangat mungkin pendapatan yang bisa anda dapatkan dari pekerjaan sampingam anda justru jauh lebih besar dari gaji anda sebagai seorang guru.

Demikian 9 peluang usaha sampingan yang cocok untuk guru yang kami harap bisa membantu anda dalam meraih penghasilan tambahan. Dan kami berharap, artikel sederhana ini bisa bermanfaat bagi anda.

Tinggalkan Balasan