Berbagai Peluang Usaha Sampingan dan Usaha Rumahan yang Menguntungkan

Dalam artikel sebelumnya kami telah membahas berbagai 7 Peluang Usaha yang Menjanjikan Keuntungan Besar di Jakarta, kali ini kami akan membahas tentang berbagai peluang usaha sampingan dan usaha rumahan yang menguntungkan dan pantas untuk anda coba realisasikan.

Jika anda telah mempunyai pekerjaan utama dan ingin mencoba membuat usaha sampingan sebaiknya dimulai dari usaha modal kecil terlebih dahulu, baru jika bisnis tersebut mampu berkembang dengan baik dan mempunyai prospek yang cerah, anda bisa mengembangkannya dengan menyuntik dana lebih besar.

Di samping karena berjaga dari kemungkinan kegagalan, juga supaya pekerjaan yang anda geluti saat ini tidak terbengkalai. Karena jika anda terlalu fokus dan banyak menghabiskan waktu untuk bisnis sampingan ini dikhawatirkan justru memporak-porandakan pekerjaan yang anda geluti dan justru menghancurkan perekonomian anda.

Misalkan, ketika anda memulai usaha ini langsung dengan modal besar,  mau tidak mau karena kekhawatiran akan bisnis tersebut gagal dan modal anda lenyap, maka tentunya anda akan berusaha keras agar bisnis anda ini dapat berjalan dengan baik sehingga waktu anda akan terforsir dalam mengurusi bisnis ini, berakibat pekerjaan yang telah lama anda geluti justru berantakan.

Untuk suatu usaha sampingan, bisa anda mulai dengan sedikit modal atau bahkan tanpa modal. Setelah sukses, anda menginvestasikan uang anda dalam skala yang lebih besar.

Di samping tentang permodalan, hal lain yang perlu anda perhatikan adalah tentang jenis usaha tersebut, apakah jenis usaha rumahan atau lainnya, yang sekiranya tidak mengganggu waktu anda dalam mengerjakan tugas-tugas utama anda. Pilih jenis bisnis yang sesuai dengan waktu anda, dengan begitu diharapkan akan bisa lebih optimal.

Anda tidak perlu bingung untuk mencari bidang usaha yang cocok bagi anda, karena jika kita jeli, sangat mudah untuk melihat peluang bisnis yang ada di sekitar kita. Baik usaha di rumah maupun dengan menyewa tempat.

Sebelum memulai usaha apapun, niat dam tekad yang kuat sangat dibutuhkan, karena seorang wirausaha harus lah berjiwa petarung yang siap menghadapi berbagai kendala. Jika anda tidak punya jiwa petarung maka urungkan niat anda untuk menjadi seorang pengusaha.

Kuatkan niat dan tekad untuk menghadapi berbagai hambatan agar tidak mudah menyerah saat bisnis yang kita jalani mengalami permasalahan. Di samping itu harus kreatif dalam menciptakan solusi-solusi untuk keluar dari problem dan mempercepat kemajuan usaha.

Setelah niat kuat dan juga tekad sudah bulat maka silahkan mencari jenis atau macam usaha yang cocok bagi anda. Lihat sekeliling lingkungan anda, cari ide usaha yang bisa segera anda realisasikan.

Dan dalam tulisan kali ini akan kami himpun berbagai macam dan jenis usaha yang diharapkan memudahkan anda untuk mencari ide bisnis, yang semoga dapat menjadi referensi bagi anda yang sedang bingung mencari bidang usaha yang menguntungkan untuk dicoba:

 

  1.  Membuka Usaha Persewaan DVD Film

Meskipun sudah memasuki zaman internet yang serba streaming, hingga saat ini kepingan DVD masih menjadi alternatif andalan ketika ingin mencari hiburan dengan menonton film.

Apalagi saat ini industri perfilman dunia semakin menggeliat, menjadikan bisnis persewaan DVD film semakin profitable, berpotensi mendatangkan keuntungan besar, asalkan mampu menyediakan DVD film terbaru yang baru beredar.

Anda pun tidak perlu terlalu repot saat ingin mulai membuka usaha ini, dimana anda bisa menggunakan sedikit dari halaman rumah anda untuk membuka kios persewaan film. Tapi jika ingin hasil yang lebih maksimal, akan lebih baik jika menyewa tempat dimana mudah dilihat orang, sehingga memudahkan orang melihat tempat usaha kita.

 

  1.  Membuka Usaha Kos-Kosan

Apabila anda sudah memiliki rumah sendiri, dimana terdapat kamar di rumah anda yang tidak terpakai, bisa anda manfaatkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan menyewakan kamar tersebut sebagai kosan.

Sebenarnya bukan hanya rumah pribadi, jika anda masih ngontrak, tapi ada ruangan yang kosong, anda pun juga bisa memanfaatkannya untuk jadi kosan. Dengan begitu akan meringankan beban anda dalam menyewa kontrakan tersebut.

Kelihatannya bisnis kos-kosan merupakan bisnis yang sederhana, padahal jika dilaksanakan dengan baik, usaha ini dapat menjadi suatu usaha pasif yang mengalirkan keuntungan yang lumayan. Seringkali perekonomian keluarga di saat sedang gonjang-ganjing karena pekerjaan yang utama ada masalah, usaha kosan ini bisa sangat membantu dalam mempertahankan daya tahan keuangan keluarga.

Keuntungan yang bisa anda ambil bervariasi, terutama tergantung lokasi dan fasilitas yang anda berikan kepada penyewa. Juga perhatikan masalah keamanan, karena seringkali bisnis ini gagal karena bermasalah disebabkan kurang aman berakibat ketidaknyamanan.

Jika anda adalah pemula dalam bisnis kosan, sebaiknya dimulai dengan menerima kos khusus cewek, karena biasanya seorang wanita bisa lebih tertib dan cenderung lebih aman.

Ide usaha rumahan ini bisa juga anda kombinasikan dengan membuka bisnis rumah makan kecil-kecilan, dengan begitu akan memberikan anda pendapatan tambahan, dengan para penyewa sebagai konsumen utamanya.

Dan ketika bisnis anda ini ternyata berhasil berkembang, anda bisa kembangkan usaha ini menjadi lebih besar. Yaitu dengan cara membangun bangunan khusus yang disediakan untuk orang-orang yang membutuhkan kosan. Berawal dari bisnis sampingan, bisnis kosan ini bisa menjadi bisnis utama yang sangat menguntungkan tanpa perlu banyak mengeluarkan tenaga.

 

  1.  Memulai Usaha Catering Rumahan

Di sela-sela kesibukan anda mengurusi pekerjaan, anda bisa mencoba membuka bisnis catering. Keunggulan usaha ini, anda lebih leluasa dalam pengerjaannya karena tidak terikat waktu. Anda bisa mengerjakannya sesuai dengan waktu yang anda miliki. Kecuali jika usaha katering anda ini sudah terikat kontrak untuk menyediakan makanan catering bagi suatu perusahaan atau event tertentu, maka anda harus konsisten dgn kontrak tersebut.

Ini berbeda dengan usaha rumah makan atau restoran yang membutuhkan waktu yang jelas, baik buka maupun tutupnya (untuk jenis bisnis ini silahkan baca artikel kami yang berjudul; Hal yang Harus Anda Ketahui sebelum Membuka Bisnis Restoran atau Rumah Makan).

Bagaimana pun juga, setiap usaha pasti ada sisi kelemahannya. Salah satu kelemahan usaha ini adalah anda membutuhkan tambahan tenaga di saat sedang banyak orderan yang membutuhkan waktu cepat dalam penyelesaiannya, sehingga tidak mungkin untuk dikerjakan sendirian.

Untuk mengatasi masalah ini, anda bisa mengajak anggota keluarga anda, baik keluarga utama maupun dari keluarga besar, bahkan bisa juga tetangga, untuk membantu menyelesaikan pesanan, tentunya dengan imbalan-imbalan tertentu yang disesuaikan dengan kemampuan dan keuntungan yang anda dapatkan.

 

  1. Membuka Usaha Pencucian Motor atau Steam Motor

Selanjutnya, usaha yang bisa anda jadikan sebagai usaha sampingan rumahan adalah usaha steam motor.

Dengan semakin banyaknya jumlah motor yang beredar di Indonesia menjadikan bisnis ini semakin menggiurkan. Banyak yang telah sukses dalam berbisnis di bidang ini.

Karena rata-rata orang yang memiliki motor lebih suka menggunakan jasa cuci motor daripada mencuci sendiri, hal ini bisa disebabkan karena tidak ada waktu, merasa kurang bersih jika mencuci sendiri, ataupun karena malas. Di samping itu, umumnya mencucikan motor di tempat pencucian motor biasanya murah (sekitar Rp.10.000) menjadi alasan lain banyaknya orang yang lebih suka menyewa jasa orang lain. Apapun alasannya berakibat melonjaknya kebutuhan akan jenis usaha di bidang ini. Anda bisa mencoba bisnis cuci motor ini untuk dapat ikut memenuhi kebutuhan (demand) yang ada di masyarakat.

Jika anda berminat untuk memulai usaha cuci motor, sebaiknya pilih tempat strategis, yang cocok digunakan untuk bisnis ini juga mudah dilihat dan dijangkau oleh masyarakat. Yang terbaik adalah menyewa tempat di pinggir jalan raya.

 

  1.  Membuka Usaha Potong Rambut

Apabila anda memiliki keterampilan dalam bidang pangkas rambut, ini mungkin bidang bisnis yang cocok bagi anda. Usaha ini dapat anda kerjakan di rumah, sehingga anda tidak perlu keluar biaya besar untuk menyewa tempat. Hasil yang didapat pun lumayan, bisa menambah penghasilan yang kita dapatkan dari usaha utama kita.

Hitung saja, seandainya biaya potong rambut untuk per kepala orang dewasa adalah Rp.10.000 hingga Rp.15.000, maka sudah bisa diperkirakan, jika kita mendapatkan customer setiap harinya 10 orang, maka kita sudah mampu mengantongi Rp.100.000 hingga Rp.150.000 per harinya. Padahal hanya sebagai usaha sampingan, bisa menghasilkan nominal sebesar itu tentunya sangat lumayan.

Anda bisa memulai usaha pangkas rambut ini ketika sore hari, di mana anda telah selesai dengan pekerjaan utama anda. Dilanjutkan hingga malam dengan jam-jam yang secara pasti anda tentukan, supaya anda bisa leluasa untuk bisa istirahat. Jika perlu, rekrut karyawan untuk bekerja di bisnis potong rambut anda supaya keuntungan yang didapatkan bisa lebih maksimal.

 

  1.  Membuka Usaha Rental PS

Sampai saat ini permainan PS (play station) masih sangat digemari masyarakat, oleh karena itu dinilai masih bisa sebagai jalan mengeruk keuntungan yang lumayan besar. Tidak harus hobby bermain PS untuk masuk ke bisnis yang menguntungkan ini, karena tujuan anda adalah berbisnis bukan bermain.

Untuk memulainya, anda bisa menyewakannya di rumah anda sendiri, sehingga tidak perlu untuk mengeluarkan biaya berlebih untuk dapat segera memulainya.

Kenapa game PS potensial sebagai suatu usaha, karena permainan ini disukai bukan hanya oleh anak-anak saja, tapi para remaja hingga dewasa pun menyukai permainan ini. Dan bagi yang sudah kecanduan bermain PS bahkan rela menghamburkan uangnya untuk bermain dalam permainan ini. Dan biasanya, yang paling laris manis adalah PS Bola.

Sebagai suatu bisnis sampingan, anda bisa membuka bisnis rental PS anda ketika sore hari selepas kerja. Tapi jika ingin lebih maksimal dalam menghasilkan keuntungan, akan lebih baik jika menyewa orang yang bisa dikaryakan untuk menjaga usaha anda ini.

Agar keuntungan usaha rental PS anda semakin maksimal, sediakan pula penjualan minuman ringan, snack, dan hal-hal lainnya seperti pulsa yang dapat membuat nyaman pelanggan anda dan menambah pundi-pundi keuntungan bagi usaha anda.

 

Selain berbagai macam usaha yang telah kami uraikan di atas, masih banyak lagi usaha-usaha yang bisa menjadi alternatif dalam mendapatkan penghasilan tambahan, sebagai suatu usaha rumahan dan usaha sampingan yang menguntungkan.

Yang telah kami sebutkan tadi hanyalah sebagai contoh saja ketika anda bingung untuk memilih jenis usaha apa. Pilih salah satu yang sesuai dengan pribadi anda dan kemudian coba realisasikan. Jika anda sungguh-sungguh dipastikan akan mendapatkan hasil yang lumayan.

Apapun ide peluang usaha yang anda pilih, yang paling penting adalah eksekusinya. Segera ambil ide usaha yang bisa segera anda realisasikan dan segera pula laksanakan dengan teliti. Dan jika anda masih bingung dalam memilih, anda bisa mencari alternatif usaha lainnya yang bisa anda baca pada artikel bisnis kami yang berjudul; 201 Peluang Bisnis yang Menjanjikan Keuntungan Besar.

Tinggalkan Balasan