Ide Bisnis Baju Online Hasilnya Menggiurkan!

Dengan masuknya jaman internet menjadikan pola perdagangan juga banyak perubahan. Hampir semua bank saat ini sudah menyediakan internet banking untuk mempermudah transaksi ekonomi melalui internet. Banyak virtual money (uang virtual) bermunculan seperti Paypal, Fastpay, MoneyBooker, Bitcoin dan lain sebagainya.

Maraknya penggunaan internet di Indonesia untuk berkomunikasi, mencari informasi, maupun sillaturrahmi via media sosial menjadi peluang usaha tersendiri bagi orang-orang berjiwa wirausaha untuk merealisasikan ide bisnisnya.

Begitu juga dengan seorang yang terjun di dunia informasi, kebutuhan akan internet sangatlah vital. Sebagai contoh seorang penulis yang saat ini menjadi lebih mudah melakukan tugas kepenulisannya dikarenakan pencarian informasi rujukan bisa didapatkan lebih cepat dengan piranti internet.

Internet apabila dimanfaatkan secara produktif bisa memunculkan peluang bisnis yang luar biasa. Saat ini sudah mulai banyak orang-orang yang berusaha mencari uang di internet. Menjalankan ide usahanya melalu internet. Ada yang menjual jasa, ada pula yang menjual barang. Dan semuanya itu bisa dilakukan di dunia digital yakni internet.

 

Jualan Baju Online

cara bisnis baju online

Kali ini KonsultasiBisnis.com akan mengulas bisnis online yang berkaitan dengan jual beli barang. Kebanyakan toko-toko online saat ini lebih banyak yang konsentrasi dalam bidang penjualan baju. Bisnis baju ini sangat diminati mengingat sektor fashion merupakan salah satu penyumbang pajak terbesar dari sektor UKM di Indonesia.

Keuntungan dari menjual baju secara online adalah berkurangnya tenaga yang harus kita keluarkan. Berbeda dengan membuka kios di pasar yang tentunya disamping butuh tenaga yang banyak juga membutuhkan biaya yang lumayan untuk menyewa kios. Bahkan adakalanya berjualan secara online bisa tanpa perlu mengeluarkan biaya. Menjadi suatu hal yang disebut sebagai bisnis tanpa modal.

Anda mungkin heran, kok bisa tanpa modal? Bisa, ada caranya. Jika anda ingin berjualan baju dan anda kesulitan dalam pembiayaan, maka anda bisa mencoba sistem dropshipping.

Apa itu sistem dropshipping? Yaitu, anda menjual suatu produk tanpa anda perlu mempunyai produk tersebut. Sebagai contoh, anda menjual baju di media sosial seperti Facebook dan Twitter tapi anda tidak mempunyai bajunya. Anda hanya menyebarkan gambar baju tersebut dan menawarkannya kepada teman-teman medsos anda, setelah sebelumnya melakukan kerjasama dengan pihak supplier.

Ketika ada pembeli, maka anda tinggal menghubungi pihak supplier untuk mengirimkan barang yang dipesan untuk dikirimkan ke alamat si pembeli dengan mengatasnamakan diri anda. Orang-orang yang menjual dengan cara seperti ini biasa disebut sebagai dropshipper.

Namun dalam artikel ini, kami tidak ingin membahas sistem dropshipper secara mendetail. Keterangan detailnya akan kami tulis di artikel mendatang. Kali ini kami akan membahas secara general cara-cara berjualan baju via online.

 

Cara Bisnis Baju Online

Apabila anda mempunyai minat untuk menjalankan ide usaha berjualan baju secara online, step-step berikut ini perlu anda pelajari dan jalankan.

Pertama: Anda Harus Tentukan Model Baju yang akan Dijual

Terkadang ketika kita ingin membuat usaha secara online, kita terlalu fokus terhadap infrastruktur ataupun alat-alat berjualan, seperti pembuatan website, mencari supplier dan lain-lain, sehingga kita justru mengabaikan hal penting ini. Alasan kenapa kita perlu menentukan apa yang ingin kita jual adalah supaya kita bisa fokus terhada bisnis kita.

Harus jelas jenis baju yang akan kita jual, baik itu baju general alias semua model baju, baju anak kecil, baju anak muda, baju dewasa, baju wanita, busana muslimah atau kriteria-kriteria lainnya. Untuk mendapatkan kriteria-kriteria tersebut anda perlu melakukan suatu pemikiran yang matang dengan melakukan pencarian data tentang apa yang kiranya banyak diminati oleh publik dunia maya dan masih sedikit penjualnya.

Kedua: Mencari Supplier dengan Harga Terendah

cara jual baju onlineApabila anda sudah yakin dengan apa yang akan dijual, kini saatnya untuk mencari supplier. Usahakan untuk mencari supplier yang menyediakan barang bagus dengan harga yang rendah. Supplier tersebut bisa anda dapatkan di internet. Anda tinggal mencari di mesin pencari seperti Google dan Yahoo, maka akan bermunculan banyak supplier yang bersedia menjadi mitra anda.

Yang perlu anda ingat, anda harus hati-hati dalam memilih supplier. Pastikan bahwa supplier anda produknya adalah produk yang bagus dan bisa dipercaya. Akan lebih bagus apabila anda bisa mendapatkan supplier di daerah anda. Dengan begitu anda akan merasa aman karena tahu bahwa supllier tersebut bukanlah supplier abal-abal. Di samping itu anda juga bisa mendapatkan selisih keuntungan yang lebih menjanjikan.

Ketiga: Melakukan Promosi

Apabila anda sudah mendapatkan supplier yang terpercaya untuk anda ajak bekerjasama, saatnya untuk memulai bisnis ini. Lalukan promosi produk baju anda di internet. Promosi ini bisa anda lakukan melalui Facebook, Twitter, Google Plus, MarketPlace, atau anda bisa juga membuat toko online dengan brand anda sendiri.

Setelah anda tentukan media promosi yang akan anda gunakan, anda bisa memulai melakukan upload gambar-gambar produk anda di media promosi yang anda gunakan. Tentunya dengan menyertakan juga harga, ukuran, dan lain sebagainya yang terkait dengan informasi produk anda. Selain itu, gunakan fasilitas-fasilitas perpesanan online seperti group BlackBerry Massenger (BBM) ataupun group Whatsapp (WA) untuk memasarkan produk anda.

Keempat: Mengirimkan Barang ke Pembeli

Jika produk yang anda jual adalah produk anda sendiri, maka sangatlah mudah. Setelah pembeli melakukan transfer uang kepada anda sesuai yang telah disepakati (biasanya harga barang + biaya pengiriman), maka anda tinggal mengirimkannya ke alamat yang bersangkutan.

bisnis baju online shopNamun apabila anda melakukan penjualan barang secara dropshipping maka setelah pembeli memesan dan mentransfer uang kepada anda, anda tinggal meminta kepada pihak supplier anda untuk mengirimkan barang sesuai pesanan pembeli. Setelah sekiranya barang sampai, untuk meyakinkan, anda perlu melakukan konfirmasi kepada pembeli perihal sampainya barang.

Kalau anda telaten dan serius dalam menekuni bisnis online jenis ini dan mau terus berimprovisasi sesuai perkembangan teknologi informasi maka peluang kesuksesan anda sangatlah besar. Sebagai contoh, jika anda mengambil untung 10.000 rupiah hingga 15.000 rupiah setiap barangnya, dan bila sehari anda mampu mendapatkan 10 orang pembeli saja, maka anda bisa menghasilkan minimal 3 juta rupiah per bulan. Itu baru 10 orang, bayangkan bila anda sudah mempunyai pelanggan tetap, sehingga jualan anda setiap harinya dibeli lebih dari itu, maka keuntungan anda akan semakin berlipat-lipat.

Namun bagaimana pun, suatu bisnis kemungkinan besar akan gagal total apabila tanpa konsistensi dan keseriusan dalam menggarapnya. Oleh karena itu apabila anda berminat untuk berjualan secara online, maka lakukan dengan sepenuh hati. Berjualan secara serius.

 

Tinggalkan Balasan