7 Ide Bisnis Mahasiswa Tanpa Modal Untung Besar

Banyak anak muda sekarang yang semangat wirausahanya tinggi. Kenyataan ini berawal pasca terjadinya krisis ekonomi yang melanda Indonesia pada tahun1997-1998 yang lalu, sehingga kemudian mulai muncul kesadaran untuk berwirausaha bahwa profesi-profesi yang aman dari krisis moneter saat itu adalah wirausaha. Bermunculan seminar-seminar yang di antaranya adalah seminar tentang bisnis yang cocok untuk mahasiswa.

Para mahasiswa adalah anak-anak muda yang semangatnya masih tinggi-tingginya. Banyak ide bisnis berseliweran saat jadi mahasiswa. Mereka cenderung tidak lagi sekadar ingin berprofesi sebagaimana bidang yang digelutinya saat belajar, tapi mulai lebih cenderung untuk berwirausaha. Sadar akan kenyataan bahwa kalau ingin cukup kaya maka harus jadi pengusaha.

Mereka mulai mencari-cari peluang usaha yang kiranya cocok untuk dikerjakan saat itu juga, saat mereka masih duduk di bangku kuliah. Dengan suatu usaha yang tepat diharapkan tidak sampai mengganggu belajarnya. Ada yang mempelajari tentang pola-pola entrepreneur riil di lapangan, ada pula yang mempelajari mekanisme berbisnis di dunia online, seperti cara jual-beli di internet yang aman, dan ada pula yang mempelajari berbagai jenis bisnis mahasiswa tanpa modal.

Ini suatu hal yang menarik dan sangat bagus. Memulai usaha di saat usia masih muda. Dengan begitu diharapkan akan terasah insting dan sklil usahanya sebelum benar-benar terjun di dunia usaha. Dan apabila terjadi kegagalan pun, masih banyak kesempatan umur untuk memperbaiki dan merealisasikan ide usahanya.

Usia mahasiswa adalah usia yang sangat bagus untuk mempelajari berbagai jenis bisnis, saat yang tepat untuk belajar tentang profesionalisme dalam berbisnis, etika bisnis, membangun keterampilan dan kreativatas dalam menciptakan suatu bidang usaha.

bisnis mahasiswa yang menguntungkan

Bisnis yang Cocok untuk Mahasiswa

Dalam artikel kali Ini KonsultasiBisnis.com akan memaparkan tentang berbagai macam bidang bisnis yang cocok untuk mahasiswa dan tidak menyita terlalu banyak dari waktu belajarnya. Ada yang tanpa perlu modal, ada pula yang membutuhkan sedikit modal.

  1. Membuka Bisnis Instal dan Servis Laptop atau Netbook

Apabila kebetulan anda adalah seorang mahasiswa yang sedang belajar tentang informasi dan teknologi (IT) tidak ada salahnya jika anda membuka usaha sampingan di waktu senggang anda untuk membuka jasa yang berhubungan dengan IT, yakni bisnis instal dan servis laptop atau netbook.

Apabila anda bekerja secara profesional, meskipun hanya sebagai usaha sampingan, maka usaha ini akan menghasilkan uang yang lumayan. Sangat mungkin hasilnya justru mencukupi untuk membiayai kuliah dan hidup anda. Bahkan bisa mengirimkan sebagian penghasilan anda ke rumah.

  1. Membuka Usaha Les Privat

Secara umum bimbingan belajar atau yang biasa disebut sebagai ‘les’ terdapat 2 jenis yang dikenal oleh masyarakat luas, yakni les secara klasikal dan secara privat.

Bimbingan belajar atau les ini biasanya sangat dibutuhkan oleh anak-anak sekolah usia SMP dan SMA. Saat ini banyak keluarga yang disamping berusaha memasukkan anaknya ke sekolah unggulan, juga mencarikan guru les, agar nilai dan pengetahuan anaknya terhadap materi pelajaran menjadi semakin baik.

Untuk memulainya, anda dapat mencoba untuk menyebarkan iklan berupa brosur yang ditempel di tempat-tempat strategis. Apabila usaha les privat anda berhasil dan mulai banyak yang memesan jasa anda, ada bisa merekrut teman-teman anda. Jika berhasil, bisnis ini nantinya bisa anda kembangkan menjadi lembaga bimbingan belajar profesional.

  1. Membuka Usaha Jualan Pulsa

Ini termasuk jenis usaha yang tidak begitu sulit, dengan syarat modal anda mencukupi. Bisnis Pulsa ini tidaklah kemudian harus membuka counter pulsa, anda bisa melakukannya secara personal menggunakan handphone anda. Jual pulsa anda ke teman-teman anda. Jika ingin sukses, anda harus memastikan pelayanan terhadap pelanggan bisa bagus dan cepat.

bisnis mahasiswa modal kecil

  1. Bisnis Website Builder (Pembuatan Website)

Saat ini sedang terjadi transformasi bisnis, dari yang tadinya offline pelan-pelan mulai beranjak ke online. Banyak perusahaan-perausahaan ataupun toko-toko kecil yang mulai memasarkan produk dan informasinya melalui internet.

Jika anda adalah seorang yang mempunyai kemampuan untuk membuat suatu website (webmaster), tidak ada salahnya jika sambil kuliah anda juga membuka usaha pembuatan website. Dengan cara membuat situs online jasa pembuatan website atau bisa juga memanfaatkan media sosial seperti facebook dan twitter untuk promosi usaha jasa anda ini.

  1. Membuka Bisnis Jasa Penulisan Artikel

Apabila anda adalah seorang yang mempunyai kemampuan dalam hal tulis-menulis, tidak ada salahnya untuk membuka usaha dalam hal kepenulisan. Terdapat banyak sekali orang-orang yang membutuhkan seseorang yang mempunyai keahlian di bidang ini. Pekerjaan ini bisa anda kerjakan secara freelance, sehingga anda tidak terikat dengan pekerjaan ini. Seperti blogger komersil, perusahaan advertising dan lain sebagainya. Selain itu anda juga bisa menjadi kontributor bagi media-media yang kekurangan pasukan di lapangan. Dengan begitu, selain anda mendapatkan pemasukan anda juga akan mendapatkan pengetahuan tambahan.

  1. Bisnis Fotografi dan Video Maker

Apabila anda adalah seorang yang mempunyai hobi dan skill dalam bidang fotografi, serta terdapat modal yang sekiranya cukup membuka usaha ini, anda bisa mengajak kawan-kawan anda untuk bersama-sama membangun suatu studio foto. Jika ditelateni, usaha ini akan menghasilkan uang yang lumayan banyak.

Biasanya di momen-momen pasca lebaran usaha ini akan kebanjiran order dari orang yang membutuhkan foto prewedding. Pemasukan rutinnya biasanya dari orang-orang yang membutuhkan pas foto untuk urusan administrasi. Kalau kualitas gambar yang anda berikan kepada pelanggan anda memuaskan, maka usaha anda akan cepat berkembang. Kuncinya ada di kualitas.

  1. Menjadi Penerjemah Bahasa

Apabila anda adalah seorang mahasiswa sastra asing, anda sangat cocok membuka usaha di bidang ini. Anda bisa menjadi tour guide maupun penerjemah tulisan. Promosikan keahlian dan jasa yang anda sediakan melalui media sosial dan forum-forum online asing. Anda juga bisa bergabung dengan komunitas guide yang ada sekitaran tempat pariwisata. Usahakan beri kepuasan yang maksimal kepada klien anda. Dengan begitu mereka pun akan merekomendasikan anda ketika ada temannya yang membutuhkan jasa intrepreter. Dan yang jelas, jasa yang berkaitan dengan penerjemahan ini hasilnya sangat tinggi.

bisnis mahasiswa

Pembagian Waktu Belajar dan Bisnis

Bagi mahasiswa yang aktif dalam kegiatan-kegiatan di kampus biasanya waktunya akan habis dalam aktivitasnya tersebut. Oleh karena itu apabila seorang mahasiswa ingin mencoba memulai usaha, maka harus pintar-pintar dalam membagi waktunya. Jangan belajar berbisnis anda sampai membuat marah orang tua karena jatuhnya nilai pelajaran anda. Apalagi kalau bisnis anda tersebut kurang begitu anda garap secara serius, disamping tidak mendapatkan hasil yang maksimal dari usaha, juga rugi karena waktu anda belajar menjadi berkurang. Selamat berbisnis!

 

 

 

Tinggalkan Balasan