Ide Bisnis Budidaya Semut Jepang Hasilnya Lumayan lho

Ketika kita mendengar kata semut, apakah yang seketika akan muncul di pikiran kita? Biasanya akan terbayang hewan serangga kecil yang kesukaannya adalah makan makanan yang rasanya manis, dan apabila menggigit akan meninggalkan rasa gatal pada bagian tubuh yang digigitnya.

Meskipun hewan ini wujudnya kecil dan membikin jengkel karena membuat gatal saat menggigit, tapi ternyata hewan ini juga diberi kelelebihan oleh Sang Pencipta dan bisa bermanfaat bagi manusia. Di antara manfaatnya adalah seperti semut rangrang yang bisa digunakan untuk makanan hewan. Dan masih banyak jenis semut yang fungsingya bermacam-macam.

Di antaranya yang nilai ekonomisnya tinggi adalah semut Jepang. Apabila dijual harga semut Jepang bisa sangat tinggi. Jika kita mempunyai lahan yang menganggur maka bisa ide bisnis budidaya semut Jepang bisa kila lakukan. Bisnis semut Jepang ini juga bisa digabungkan dengan bisnis investasi tanah, daripada tanah menganggur makan aka lebih baik jika digunakan untuk beternak semut.

toples budidaya semut jepang

Di antara manfaat semut Jepang adalah bisa digunakan untuk obat penyakit stroke, diabetes dan penyakit-penyakit lainnya. Oleh karena itulah saat ini budidaya semut Jepang mulai banyak diminati masyarakat, karena banyak yang membutuhkan dan potensi ekonomisnya juga lumayan besar, menjadi peluang usaha yang tidak bisa dikesampingkan. Di samping untuk dijual, para peternak semut Jepang juga ada yang sengaja menternaknya untuk dikonsumsi sendiri, sebagai obat.

Kenapa memilih semut Jepang untuk dibudidayakan, bukan semut yang lainnya? Untuk menjawab hal itu, KonsultasiBisnis.com akan jelaskan tentang sifat-sifat atau karakter yang dimiliki oleh semut Jepang ini. Dalam bahasa Jepang, semut ini biasa dinamai dengan ‘Ari’. Semut Jepang mempunyai karakteristik yang unik, mereka suka berkelompok, mirip dengan karakteristik orang-orang Jepang yang suka mengerjakan sesuatunya secara bekerjasama alias berkelompok.

Meskipun semut Jepang hanyalah varian dari berbagai macam semut yang ada di dunia, tapi ternyata semut Jepang ini juga mempunyai banyak varian lagi. Dan hebatnya, hampir kesemua varian semut Jepang ini mempunyai kemiripan dan bisa dibudidayakan. Untuk lebih jelasnya, berikut di antara ciri-ciri semut Jepang pada fisiknya:

  • Tubuhnya padat dan keras.
  • Bentuk tubuhnya cenderung lebih besar jika dibandingkan dengan semut-semut yang ada di Indonesia.
  • Warna tubuhnya cenderung lebih hitam pekat daripada semut lainnya.
  • Mempunyai kecenderungan hidup secara berkelompok dan cepat berkembang-biak.
  • Tidak kanibal, alias tidak memakan sesama semut yang sejenis, sehingga kemungkinan kematiannya lebih rendah dan akan sangat menguntungkan ketika dibudidayakan.

 

Alasan Memilih Semut Jepang untuk Dibudidayakan

Penyebab kenapa orang-orang memilih semut Jepang untuk dibudidayakan adalah karena manfaat semut Jepang tersebut. Setidaknya terdapat dua manfaat utama ketika membudidayakan semut Jepang.

  1. Alasan Kesehatan

Alasan pertama ini menjadikan adanya alasan yang kedua. Telah terbukti secara medis bahwa semut Jepang selama ini bisa digunakan untuk mengontrol kolesterol yang tidak terkontrol, mengurangi risiko terkena penyakit diabetes, menjaga tekanan pada darah agar tetap stabil, menambah kekuatan tubuh (vitalitas), mengurangi penyakit yang berhubungan dengan hati, juga bisa digunakan untuk mengobati orang yang terkena penyakit stroke dan penyakit-penyakit lainnya.

  1. Bisa Dijadikan Ladang Penghasilan

Alasan pertama menjadi penyebab alasan yang kedua ini. Dikarenakan banyaknya manfaat dan khasiat dari semut Jepang untuk kesehatan mengakibatkan banyaknya permintaan akan jenis semut ini. Dengan banyaknya permintaan maka harga semut Jepang menjadi tinggi dan di sini lah ada peluang bisnis untuk mendapatkan uang dari menjual semut Jepang.

kapas budidaya semut jepang

Cara Membudidayakan Semut Jepang

Terdapat beberapa hal yang harus anda ketahui sebelum melakukan budidaya semut Jepang. Hal ini harus anda ketahui agar tidak salah dalam melakukannya dan menjadikan kerugian bagi anda.

  1. Hati-hati dalam memilih indukan semut Jepang.
  2. Buat media hidup bagi semut Jepang yang akan anda budidayakan.
  3. Harus telaten dalam memberi pakan untuk semut Jepang anda.
  4. Merawat semut Jepang, di antaranya dengan rutin membesihkan media hidup semut Jepang anda.

 

Cara Melakukan Budidaya Semut Jepang

Pertama-tama adalah anda harus siapkan terlebih dahulu indukan semut Jepang yang bisa anda beli di penjual indukan semut Jepang. Sesuaikan jumlah indukan ini dengan luasan media hidup yang mampu anda buat. Setidaknya anda bisa letakkan 50 indukan pada 1 toples yang besar.

Sebenarnya semakin banyak indukan yang bisa diletakkan dalam satu toples akan semakin bagus karena akan lebih ekonomis, tapi anda tetap harus sesuaikan dengan kepadatannya, karena kalau terlalu padat maka akan berakibat lambatnya pertumbuhan mereka.

Untuk membuat media hidup bagi semut Jepang, anda bisa gunakan toples bekas kue ataupun toples-toples lainnya yang tingginya kira-kira sekitar 40 centi meteran.

 

Tata Cara Menyiapkan Media Hidup Semut Jepang

Pertama: Persiapkan ragi tape, maksud ragi tape di sini adalah ragi yang biasa dimanfaatkan untuk melakukan fermentasi untuk membuat tape.

Kedua: Persiapkan kapuk/kapas yang steril, jangan yang kotor, yang disesuaikan dengan media hidup yaitu toplesnya, dimana kapas inilah yang nantinya akan dijadikan sebagai tempat hidup semut Jepang itu.

Ketiga: Melakukan pencampuran ragi tape dan kapas di dalam media hidup atau toples. Kemudian letakkan toples tersebut pada tempat yang suhu udaranya sedang yang kira-kira sekitar 30 derajat celsius-an.

merawat semut jepang

Cara Merawat Semut Jepang yang Baik

Untuk dapat menghasilkan semut Jepang yang berkualitas, maka anda harus merawatnya secara baik. Sebenarnya melakukan perawatan terhadap semut Jepang tidaklah sesulit melakukan perawatan terhadap semut-semut jenis lainnya seperti semut rangrang dan lain-lain. Ini cara merawat semut Jepang:

  • Memberi Pakan Semut Jepang

Ukuran yang standar dalam memberikan pakan terhadap semut Jepang adalah; untuk 50 ekor semut diberikan kira-kira 1 butir ragi tape setiap 3 hari. Apabila di dalam satu toples ternyata terdapat lebih dari 50 ekor semut Jepang maka tinggal anda tambahkan saja sesuai jumlahnya. Jadi jika dalam satu toples terdapat 100 ekor semut Jepang maka anda beri makanan ragi tape 2 butir per 3 harinya.

  • Berikan Perawatan yang Baik Pada Media Hidup Semut Jepang

Sebagaimana manusia dan hewan lain, semut Jepang pun membutuhkan tempat yang nyaman untuk dapat hidup dan berkembang. Anda harus pastikan bahwa toples yang digunakan sebagai media hidup tidaklah terlalu panas juga tidak terkena air. Karena dua hal itu bisa mengakibatkan kematian pada semut-semut anda.

  • Hindarkan Semut Jepang Anda dari Semut yang lainnya

Terkadang antara semut jenis satu dengan semut jenis lainnya tidak cocok untuk hidup bersama dan bisa saling memangsa. Oleh karena itu anda harus menjauhkan semut Jepang yang anda budidayakan dari semut lainnya, terutama semut merah jangan sampai masuk ke dalam toples yang nantinya bisa mengganggu habitat semut Jepang.

  • Jangan Sampai Terpapar oleh Sinar Matahari

Salah satu kelemahan semut Jepang adalah sangat sensitif terhadap paparan sinar matahari. Jadi anda harus usahakan dalam pembudidayaan semut Jepang berada di tempat yang gelap, jauh dari paparan cahaya matahari karena bisa membuat semut anda mengalami kematian.

 

Melakukan Panen Terhadap Semut Jepang yang Anda Budidayakan

Apabila langkah-langkah di atas telah anda lakukan seluruhnya secara baik, maka anda tinggal menunggu panenan. Perkiraan, biasanya setiap bulannya semut yang bisa anda panen dari hasil budidaya anda terdapat penambahan sekitar 30 kali lipat dari bulan sebelumnya.

Dengan memiliki stok semut Jepang yang cukup banyak, anda bisa gunakan semut hasil budidaya anda untuk konsumsi sendiri, yakni untuk melakukan pengobatan. Dan umumnya bagi seorang pembudidaya, pembudidayaan semut Jepang memang untuk diambil nilai ekonomisnya, yaitu dijual.

Tidak begitu sulit bukan, melakukan budidaya semut Jepang. Usaha ini bisa anda jadikan sebagai usaha sampingan sambil menekuni bidang usaha anda yang lainnya. Karena tidak begitu memakan waktu dan biaya maka tidak ada salahnya jika usaha ini anda coba.

Tinggalkan Balasan