Cara Membuat dan Memulai Bisnis Es Krim untuk Pemula

Es krim atau biasa juga ditulis ice cream sangat cocok dimakan ketika udara panas. Membuat tubuh terasa nyaman. Indonesia yang beriklim tropis yang terkadang panasnya menyengat menjadikan es krim cukup digemari masyarakat. Bagi sebagian orang, makan es krim juga adalah suatu kegemaran dan juga trend. Peluang bisnis es krim ini cukup terbuka lebar.

Bagi anda yang mempunyai minat untuk merealisasikan ide bisnis es krim, pada artikel kali ini akan kami sajikan uraian dan analisa modal serta keuntungan dalam usaha es krim. Usaha ini dapat juga anda gabungkan dengan beberapa jenis usaha yang pernah kami tulis terdahulu seperti usaha kolam pemancingan ikan maupun jenis usaha yang lainnya.

Hal pertama yang harus anda ketahui sebelum terjun membuat es krim adalah persiapan mental untuk mengulang-ulang sesuatu yang sama. Dalam pembuatan es krim agar produk anda jempolan maka diperlukan percobaan beberapa kali sampai sekiranya hasilnya sudah maksimal baru kemudian dipasarkan.

 

Peluang Bisnis Es Krim

Berbicara masalah peluang usaha, bisnis es krim ini terhitung sebagai bisnis yang peluang suksesnya cukup besar dan menjanjikan keuntungan yang lumayan. Konsumennya berasal dari berbagai macam umur, mulai kanak-kanak hingga dewasa. Baik anak laki-laki maupun perempuan sangat menyukai es krim. Sedangkan untuk orang dewasa biasanya lebih didominasi para wanita.

Saat ini, produk es krim tidak lagi asing bagi siapa pun, sehingga lebih mudah dalam hal pemasarannya. Asalkan anda mampu membuat es krim yang lezat dan bervariasi maka produk es krim anda potensial untuk laku di pasaran.

Terus diminatinya makanan penghilang haus ini menjadi bukti bahwa produk es krim tidaklah hanya trend musiman, tapi cenderung terus menerus diminati. Sehingga untuk jangka panjang prospek bisnis ini cukup bagus. Asalkan sabar dan dikelola secara profesional maka bisnis ini akan makin membesar.

 

Cara Membuat Es Krim

cara-membuat-es-krim

Sebenarnya tidak dibutuhkan waktu yang terlalu lama untuk dapat membuat es krim, akan tetapi untuk bisa membuat es krim yang benar-benar nikmat dengan berbagai variasi rasa memang diperlukan waktu lebih. Untuk pengembangan variasi rasa bisa juga anda kerjakan sembari menjalankan usaha es krim anda. Sambil berbisnis, sambil terus berlatih.

Di jaman dulu mungkin memang susah ketika akan membuat es krim, di samping bahannya terkadang sulit didapatkan, juga harus mempunyai freezer yang saat itu masih relatif mahal. Tapi untuk saat ini semuanya sudah serba mudah, hampir setiap rumah tangga sudah memiliki freezer, bahan-bahan untuk membuat es krim pun mudah untuk didapatkan. Informasi petunjuk atau resep membuat es krim bisa dengan mudah didapatkan di buku-buku resep juga di internet. Hal yang perlu anda ingat, agar es krim anda terjamin kesehatannya, gunakan bahan-bahan yang berkualitas dan aman untuk dikonsumsi.

 

Jenis Es Krim yang Bisa Anda Jual

Saat ini terdapat dua jenis es krim yang biasa dijual di pasaran. Pertama Soft Ice Cream (es krim lembut), kedua Hard Ice Cream (es krim keras). Soft Ice Cream atau es krim lembut adalah es krim yang mempunyai tekstur sangat lembek dan lembut. Untuk membuatnya dibutuhkan mesin Cone Ice Cream.

Adapun untuk Hard Ice Cream atau es krim keras adalah es krim yang teksturnya lembut akan tetapi ketika dibekukan di freezer umumnya akan menjadi keras, dan biasanya dalam penyajiannya diperlukan Skop Ice Cream. Salah satu keunggulan Hard Ice Cream dalam bisnis adalah tidak diperlukannya mesin es krim yang harganya mahal. Cukup dibuat menggunakan mixer dan kemudian dibekukan di freezer.

Nilai plus lain berjualan es krim jenis ini adalah bisa diolah menjadi produk yang bervariasi dan unik. Seperti es krim panggang, goreng, es krim rujak, es krim moci, banana es krim dan variasi-variasi lainnya yang bisa anda kembangkan sendiri.

 

Modal untuk Memulai Bisnis Es Krim dan Perhitungan Keuntungannya

Di bawah ini adalah rincian modal yang perlu anda persiapkan untuk membuka usaha es krim beserta estimasi keuntungan yang bisa anda dapatkan. Hitungan ini belum termasuk tempat usaha dan peralatan transportasi.

 

  1. Peralatan yang dibutuhkan:
1 freezer kapasitas 200 liter Rp.2.500.000
1 mixer Rp.500.000
1 baskom besar Rp.30.000
1 cukil rata Rp.5.000
10 box plastic wadah es krim Rp.60.000
1 skop es krim Rp.30.000
Total Rp.3.125.000

 

  1. Perhitungan untuk yang berjualan secara stand by di tempat tertentu:
12 piring saji Rp.180.000
12 gelas saji Rp.108.000
12 sendok Rp.10.000
2 set meja panjang (berkonsep lesehan) Rp.300.000
Total Rp.598.000

 

  1. Berikut perhitungan bagi yang jualan secara berkeliling:
1 box sterophome Rp.100.000
5 ice pack Rp.350.000
Total Rp.450.000

 

  1. Modal untuk bahan membuat es krim:
12 kg bubuk es krim aneka rasa, @Rp.80.000 Rp.960.000
400 cup + tutup + sendok es krim/paper cup Rp.180.000
Total Rp.1.140.000

 

Kesimpulan:

– Secara keseluruhan modal yang dibutuhkan untuk membuka bisnis es krim secara stand by (warungan) adalah: Rp.3.125.000 + Rp.598.000 + Rp.1.140.000 = Rp.4.863.000.

– Secara keseluruhan modal yang dibutuhkan untuk membuka bisnis es krim secara berkeliling adalah: Rp.3.125.000 + Rp.450.000 + Rp.1.140.000 = Rp.4.715.000.

 

usaha-es-krimPerhitungan di atas hanyalah estimasi, belum pasti seperti itu. Tergantung perubahan harga alat-alat dan bahan-bahan yang digunakan. Jika modal anda belum mencukupi untuk berbelanja partai besar sebagaimana perhitungan di atas, untuk awal-awal anda bisa membelinya secara eceran sehingga uang yang anda keluarga tidak harus banyak.

Dengan uang Rp.300.000 anda sudah bisa membeli bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat es krim. Dan ketika usaha es krim anda sudah mulai berkembang anda bisa berbelanja secara partai besar, karena kalau dihitung secara total general sebenarnya akan lebih irit ketika membeli dalam jumlah banyak.

 

Keuntungan Bisnis Es Krim

Berikut adalah estimasi laba/untung yang didapatkan dari berbisnis es krim.

Perhitungan jika memproduksi 1 kg serbuk es krim + 2 liter air = 90 cup (80 ml)
Dijual seharga Rp.2.500 / cup
Total harga jual 90 x Rp.2.500 = Rp.225.000

 

Modal
1 kg serbuk es krim

 

Rp.90.000
Cup + sendok

 

Rp.11.480

 

Listrik Rp.10.000
Air Rp.2.000
Total Rp.113.000

 

Keuntungan
Harga jual – modal = Rp.225.000 –Rp.113.000 Rp.112.000
Keuntungan per kg bubuk es krim = Rp.112.000
1 kg bubuk es krim bisa dicampur dengan 2 sampai 2.5 liter air dingin, kualitas masih tetap bagus.
Jika dalam 1 hari mampu menghabiskan 1 kg bubuk es krim, maka keuntungan yang didapat sekitar Rp.112.000.
Jika lebih dari 1 kg bubuk es krim maka tinggal anda kalikan.

 

Catatan:

Supaya bisnis es krim anda makin laris manis, maka perlu adanya variasi bentuk dan rasa agar lebih menarik. Anda bisa mencontoh bentuk model es krim dari contoh-contoh yang banyak bertebaran di internet. Juga bisa mengkreasikannya sendiri dengan daya kreativitas anda.

Semoga paparan tentang cara bisnis es krim, cara membuat es krim dan modal serta keuntungan dalam berbisnis es krim di atas dapat bermanfaat bagi anda yang sedang coba memulai usaha ini. Semoga usaha anda sukses, laris manis..!

Tinggalkan Balasan