Hal yang Harus Anda Ketahui sebelum Membuka Bisnis Restoran atau Rumah Makan

Suatu ide bisnis terkadang dianggap mustahil untuk dikerjakan oleh seseorang, padahal di sisi lain mungkin saja ide usaha itu dianggap mudah realisasinya oleh orang lainnya. Seperti membuka bisnis restoran atau rumah makan yang bagi sebagian orang dianggap sangat sulit pelaksanaannya, tapi ada pula yang menganggap bahwa membuka usaha restoran bukanlah hal yang sulit. Mulai dari pemilihan lokasi yang tepat, pembiayaan, dan konsep restoran yang akan digarap.

Dalam perencanaan pembukaan restoran yang harus anda buat konsepnya secara matang adalah aspek pembiayaan dan jenis restoran yang akan dibuka. Menyesuaikan antara modal dan usaha.

memulai-bisnis-restoran

Terdapat nasihat dari Pakar Restoran terkemuka, Lorri Mealey yang patut anda jadikan acuan ketika hendak memulai bisnis ini. Berikut di antaranya:

 

Alasan Membuka Restoran atau Rumah Makan

Hal pertama yang harus anda lakukan ketika hendak memulai bisnis restoran adalah tanyakan kepada diri anda sendiri alasan membuka usaha ini. Apakah karena hobi dan minat dalam bidang masak-memasak, ataukah karena alasan lainnya. Hal ini penting karena akan berkaitan dengan sejauh mana anda akan sanggup mempertahankan usaha ini. Biasanya yang paling bisa bertahan dalam suatu bisnis tertentu adalah ketika mempunyai minat di bidang tersebut.

Anda Harus Fleksibel dan Gesit

Ketika anda sudah mulai membuka restoran anda, maka terdapat tanggung jawab besar yang harus anda pikul. Oleh karena itu agar semuanya bisa berjalan dengan lancar, anda harus fleksibel dan gesit dalam bekerja. Adakalanya anda harus cepat-cepat masuk ke dapur selama beberapa menit untuk memenuhi pesanan pelanggan dan kemudian cepat-cepat mendatangi pelanggan lainnya tatkala terdapat komplain berkenaan dengan restoran anda seperti lambatnya sajian masakan. Di sisi lain, anda juga harus cepat tanggap dalam menanggapi dan menyelesaikan masalah terkait kepegawaian.

Konsultasikan dengan Keluarga

Sebelum anda benar-benar serius dalam menggarap restoran, pastikan bahwa anda telah berkonsultasi dengan anggota keluarga anda. Karena bisnis yang anda ambil ini bisa menyita banyak waktu yang anda miliki. Apalagi jika ternyata restoran anda sangat laris sehingga kemudian jam bukanya bertambah. Begitu juga dengan jarak antara tempat usaha anda ini dengan kediaman anda yang mungkin makin menyita waktu anda bersama keluarga.

Konsekuensi Wirausaha

Setiap seseorang memulai suatu bisnis pasti ada konsekuensinya, di antaranya adalah ketika anda akan memulai bisnis secara serius dan full time, maka anda harus meninggalkan pekerjaan anda yang terdahulu. Oleh karena itu anda harus penuh perhitungan dan yakin akan sehatnya kondisi keuangan anda. Siap untuk meninggalkan gaji yang selama ini anda nikmati saat masih menjadi karyawan. Memperhitungkan risiko sepinya usaha sedangkan anda tetap harus mengeluarkan biaya bagi keperluan pribadi, keluarga, dan operasional usaha anda.

membuka-bisnis-restoran

Memutuskan Jenis Restoran yang akan Dibuka

Apabila anda sudah yakin ingin membuka restoran, sebelum anda benar-benar memulainya, anda harus pikirkan tentang jenis restoran seperti apa yang ingin anda buka. Apakah restoran sederhana laiknya rumah makan umumnya, restoran yang menyediakan makanan cepat saji, atau restoran dengan menu kelas atas. Dengan begitu anda akan bisa lebih fokus dalam pengelolaannya nanti.

Lokasi yang Strategis

Sebagaimana usaha-usaha lainnya yang membutuhkan tempat strategis seperti dalam usaha salon kecantikan dan service HP, dalam usaha restoran ini, lokasi strategis adalah hal yang paling penting. Makin dekat restoran anda dengan pusat keramaian maka makin potensial untuk banyak mendapatkan pelanggan. Cari lokasi yang sekiranya cocok untuk restoran anda. Bila uang anda mencukupi maka anda bisa membelinya, atau bisa juga sekadar menyewanya.

Menuliskan Rencana Bisnis

Hal mengenai penulisan rencana bisnis adalah sesuatu yang penting tapi sering disepelekan. Dengan rancangan yang telah dibuat, suatu bisnis cenderung lebih mudah dikembangkan karena terukur, tidak asal-asalan. Anda perlu lakukan analisa terhadap iklim bisnis restoran di area anda akan membuka restoran. Catat dan analisa persaingannya, kemudian hitung dan perkirakan kemungkinan anda bisa bersaing dalam bisnis restoran di daerah tersebut.

modal-bisnis-restoran

Perencanaan Keuangan yang Matang

Untuk menghindari problem terkait keuangan (financial) dalam usaha anda, perlu dibuat suatu perencanaan keuangan yang matang. Memperkirakan secara rasional estimasi pemasukan dan pengeluaran, juga pengeluaran-pengeluaran yang tidak disangka-sangka yang mungkin bisa terjadi. Selalu persiapkan uang cadangan untuk berjaga terjadinya kegoncangan keuangan dalam usaha anda.

Rancangan (konsep) bisnis dan pengelolaan keuangan yang baik adalah suatu yang urgen dalam suatu usaha. Dengan adanya rancangan tertulis seperti peta, maka anda akan mudah tahu tatkala terjadi kendala dalam usaha anda untuk segera diperbaiki, dan kembali ke jalan semula yang telah dirancangkan.

Pemilihan Menu Restoran

Apabila hal-hal terkait persiapan membuka restoran baru di atas telah anda laksanakan, kini saatnya anda memilih menu yang pas bagi restoran anda. Ini penting, karena daya tarik utama dari suatu restoran baru biasaya terdapat pada menunya yang unik. Munculkan sesuatu yang baru, yang belum ada sebelumnya di daerah anda. Selain itu, ciptakan secara berkala menu-menu baru yang kiranya bisa menarik pelanggan.

bisnis-rumah-makan

Lakukan Promosi

Minggu-minggu pertama pembukaan usaha anda adalah saat yang penting dan harus benar-benar dimanfaatkan bagi promosi restoran anda. Gunakan momentum ini untuk melakukan promosi secara agresif. Menarik sebanyak mungkin orang agar mau membeli makanan di restoran anda. Promosi ini bisa dilakukan dengan pemberian bonus, harga yang miring, penyebaran brosur/famlet dan lain sebagainya.

Tapi anda harus ingat, tatkala masa promosi tersebut, kualitas menu anda harus benar-benar jempolan. Ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta dari pelanggan saat gigitan pertamanya terhadap produk anda. Jangan kemudian karena merupakan produk promo kemudian anda turunkan kualitas produk anda, karena hal itu akan merusak image restoran yang sedang anda bangun.

Demikian uraian tentang hal-hal yang perlu diketahui sebelum membuka bisnis restoran atau rumah makan. Semoga bermanfaat dan bisa dijadikan acuan sebelum terjun ke bisnis ini. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan