Ide Usaha Event Organizer (EO) bisa jadi Bisnis Menjanjikan!

Pasca disepakatinya perjanjian ekonomi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), iklim ekonomi negara Indonesia makin bergairah saja. Oleh karena itu agar kesejahteraan bisa sampai ke semua maka harus terus dikembangkan tumbuhnya usaha kecil dan menengah (UKM) sehingga tercipta banyak lapangan pekerjaan yang dapat mengurangi pengangguran.

Setiap individu berjiwa wirausaha harus dapat melihat peluang usaha yang sekiranya dapat dijadikan lahan usaha. Ide-ide bisnis kratif dibutuhkan untuk mencapai hal itu.

Dalam artikel terdahulu KonsultasiBisnis.com telah paparkan 10 ide bisnis sampingan yang cocok bagi pelajar, kali ini akan kami paparkan bidang usaha yang lebih general tapi spesifik yang bisa Anda coba.

Di antara bidang usaha yang layak untuk dicoba adalah usaha Event Organizer atau yang biasa disingkat EO. EO ini bergerak di bidang jasa yang memberikan layanan bagi penyelenggaraan event-event tertentu. EO ini sangat dibutuhkan oleh instansi-instansi juga perorangan untuk menyelenggarakan acara mereka tanpa perlu repot.ide bisnis dan peluang usaha event organizer 5 meeting

Mulai menjamurnya EO ini disebabkan karena banyaknya event-event perusahaan yang mana pihak perusahaan tidak mau repot untuk mengurusnya alias ingin terima bersih. Peluang usaha ini dapat menghasilkan untung yang lumayan. Dan uniknya, adakalanya tanpa perlu keluar modal.

Lalu kegiatan apa saja yang biasanya membutuhkan jasa dari Event Organizer? Di antaranya adalah meeting instansi, convention, incentive, juga exhibition.

Sejarah awal mula munculnya EO hanyalah melayani fasililas meeting (rapat) bagi perusahaan-perusahaan. Yakni mencarikan tempat pertemuan, membuat dekorasi dan menyiapkan makanan serta perlengkapan-perlengkapan lainnya yang diperlukan seperti proyektor dan LCD.

Ide Bisnis dan peluang usaha Event Organizer 1Seiring berjalannya waktu EO juga mengelola penyelenggaraan acara-acara besar seperti konser musik. Berbagai acara hiburan lainnya pun juga menggunakan jasa dari Event Organizer dalam pelaksanaannya. Tugas EO dalam hal ini di antaranya adalah mempersiapkan panggung, pencahayaan, juga terkadang pencarian artisnya. Sedangkan pihak penyelenggara aslinya (sponsor) hanya perlu memberikan dana (biaya). Adapun jalannya pertunjukan, biasanya didiskusikan terlebih dahulu antara pihak sponsor (penanggung dana) dan pihak Event Organizer (EO).

Selain itu, EO juga merambah ke sektor pernikahan, yang mana EO ini biasa disebut sebagai Wedding Organizer. Ide Bisnis dan peluang usaha Event Organizer 1 3Alasan menggunakan EO dalam pelaksanaan acara pernikahan ini biasanya dikarenakan para pasangan ingin menyelenggarakan suatu acara yang berkesan tapi tidak mau repot dalam mempersiapkan semuanya. Maka hal-hal seperti rancangan pesta, pakaian, runtutan acara, dokumentasi, dekorasi, dan bahkan runtutan ritual pernikahan, diserahkan pengaturannya kepada EO.

Terdapat banyak sektor-sektor lain yang juga biasa digarap oleh Event Organizer ini, seperti pariwisata, pelatihan & seminar, pesta-pesta seperti ulang tahun, dan lain sebagainya.

Ide Bisnis dan peluang usaha Event Organizer 4Menarik bukan! Anda bisa coba ide bisnis ini. Siapa tahu di daerah Anda masih terbuka peluang usaha dalam bidang ini. Amati lingkungan Anda, analisa, dan kemudian laksanakan. Semoga Anda sukses menjalankan bisnis sebagai Event Organizer.

Tinggalkan Balasan