Kiat Sukses ini Harus Anda Ketahui sebelum Membuka Bisnis Tiket Online

Dalam artikel-artikel sebelumnya, KonsultasiBisnis.com telah membahas beberapa ide bisnis riil yang kiranya bisa dicoba oleh orang-orang yang lebih minat untuk mencoba peluang usaha yang sifatnya nyata. Seperti budidaya singkong yang bisa dilakukan oleh pembaca yang suka bidang pertanian dalam usahanya mencari jalan penghidupan.

Dalam artikel ini kami akan membahas tentang usaha yang berkaitan dengan dunia maya alias dunia internet. Memaparkan cara-cara mencari uang di internet. Di antara bisnis internet yang bisa anda coba adalah jualan tiket online.

Mungkin selama ini kita mengira bahwa bisnis tiket online ini membutuhkan modal yang sangat besar, padahal tidak. Dengan modal yang tidak begitu besar, usaha tiket online bisa menghasilkan keuntungan yang lumayan besar. Apalagi intensites masyarakat saat ini yang mulai mengubah pola jual-belinya dengan menggunakan internet mendukung model pemesanan yang serba online.

beli tiket online

Saat ini memang sudah terdapat beberapa tempat pemesanan atau pembelian tiket online. Meskipun begitu asalkan anda bisa menggarap bisnis ini dengan profesional maka tetap banyak peluang laba yang bisa anda hasilkan. Di antara yang terpenting dalam mendukung profesionalitas ini adalah kecepatan dan ketepatan.

Maksudnya adalah cepat dan mudah dalam proses pembelian, juga pasti dalam jual-belinya tanpa ada sengketa dicancelnya pemesanan dari pihak penjual karena alasan-alasan tertentu.

Sebelum terjun ke dunia bisnis tiket online, terdapat beberapa hal yang harus anda ketahui dan eksekusi. Berikut rinciannya:

  1. Anda Harus Memiliki Tempat Usaha Tiket Online

Sebelum anda mengurus perijinan usaha tiket online, anda harus sudah mempersiapkan terlebih dahulu tempat usaha yang akan anda daftarkan dalam perijinan tersebut. Tempat usaha ini tidaklah harus besar, kecil tidak masalah. Bahkan anda bisa menggunakan rumah anda sebagai kantor anda.

  1. Anda Harus Sudah Mengantongi Ijin berupa PT dan Masuk dalam Keanggotaan ASITA

Untuk dapat berjualan tiket online, terlebih dahulu anda harus mengantongi ijin pendirian usaha dalam bentuk Perseroan Terbatas (PT). Kalau anda kesulitan masalah perijinan, anda bisa menghubungi notaris di wilayah anda untuk dapat mendapatkan masukan dan dibantu pengurusannya. Selain itu, anda juga harus sudah bergabung dalam Asosiasi Pariwisata Indonesia (ASITA).

  1. Anda Harus Memiliki Karyawan Pengganti

Maksudnya adalah anda harus bisa memastikan bahwa apabila anda mempunyai keperluan sehingga anda tidak bisa menghandle urusan tiket online ini, anda sudah menyiapkan pengganti anda untuk bisa mengurusi.

Karyawan di sini tidaklah harus karyawan gajian, bisa juga anggota keluarga anda sendiri yang sudah anda berikan pengertian mekanisme dalam bisnis ini.

  1. Anda Harus Sediakan Alat-Alat untuk Berjualan Online

Yang dimaksud peralatan adalah perlengkapan yang dibutuhkan berkenaan dengan dunia online, seperti komputer, laptop, internet (modem atau yang lainnya), telepon, meja dan kursi, dan peralatan-peralatan lain yang kiranya diperlukan untuk mendukung kemudahan dalam bisnis ini.

uang tiket online

Kentungan Bisnis Tiket Online

Di antara keuntungan dalam bisnis tiket online adalah:

  1. Tidak Butuh Modal yang Terlalu Besar

Anda tidak perlu merogoh kocek yang terlalu dalam untuk bisa memulai bisnis ini. Sehingga uang anda yang lainnya bisa anda manfaatkan untuk melakukan bisnis maupun investasi di bidang lain.

  1. Anda Punya Waktu Bisnis yang Fleksibel

Dalam berbisnis tiket online waktunya tergantung anda, menyesuaikan waktu senggang anda. Meskipun begitu, untuk mendapatkan hasil yang maksimal anda sebaiknya tetap mengerjakannya secara profesional. Yakni terdapat jam kerja yang anda buat untuk diri anda sendiri.

  1. Bisnis Tiket Online ini Bisa Dijadikan Bisnis Jangka Panjang

Bisnis ini bisa anda laksanakan dalam jangka waktu yang panjang. Karena tiket akan selalu dibutuhkan orang selama alat transportasi umum tetap ada. Sehingga anda tidak perlu khawatir akan hilangnya konsumen dalam bisnis ini.

  1. Mempunyai Potensi untuk Terus Dikembangkan

Peluang untuk mengembangkan penjualan tiket online sangatlah lebar. Anda bisa belajar teknik-teknik pemasaran online (online marketing) untuk mengembangkannya. Memanfaatkan website, blog, dan media sosial seperti Facebook, Twitter, dan lain sebagainya.

sukses bisnis tiket online

Tips untuk Kesuksesan Bisnis Tiket Online:

  1. Anda Harus Berikan Pelayanan yang Nyaman kepada Pelanggan

Ini hal yang paling penting dalam bisnis tiket online. Kegagalan anda dalam memberikan kenyamanan terhadap pelanggan maka akan menjadi sebab hancurnya usaha anda. Dengan berhasilnya anda memberikan kenyamanan bagi pelanggan anda maka usaha anda pun akan makin berkembang.

Bagi pelanggan yang merasa nyaman membel tiket dari anda, mereka akan merekomendasikan kepada keluarga dan teman-temannya untuk membeli tiket kepada anda.

  1. Persyaratan Anda Harus Lengkap

Sebelum anda membuka bisnis tiket online, persyaratan-persyaratan seperti perijinan harus anda lengkapi terlebih dahulu. Jangan anda sepelekan masalah ini, karena justru nantinya bisa saja merepotkan anda.

Selain itu, dengan lengkapnya persyaratan-persyaratan seperti perijinan bagi usaha anda, akan menaikkan kepercayaan pelanggan kepada anda, bahwa usaha anda adalah usaha riil, bukan usaha yang tipu-tipu.

  1. Harus Mempunyai Sistem Kerja yang Baik

Apabila usaha anda berkembang dan akhirnya dibutuhkan karyawan yang lumayan banyak, maka anda harus membuat pola kerja yang bagus dan efisien, supaya semua pekerjaan bisa terhandle dengan maksimal. Kalau perlu anda bisa membuat pola-pola tertentu dalam sistem kerja anda, dengan membuat skema alur kerja bagi karyawan anda.

  1. Jangan Sampai Gaji Karyawan Tertunda

Pada saat usaha anda mulai berkembang yang otomatis membutuhkan karyawan sehingga anda bisa berkonstrasi dalam bidang lain yang lebih penting, saat itu anda tidak boleh sewenang-wenang terhadap karyawan. Anda harus bisa melaksanakan kewajiban anda dengan baik.

Yakni memberikan gaji mereka sesuai waktu yang seharusnya, dan jangan sampai tertunda. Karena saat itu, karyawan andalah yang menjadi ujung tombak perusahaan. Anda harus jaga kepercayaan mereka terhadap anda.

  1. Tingkatkan Kemampuan Karyawan

Agar usaha anda makin berkembang, anda perlu tingkatkan kemampuan karyawan anda. Senggangkan waktu untuk mengamati kinerja karyawan dan kemudian melakukan evaluasi dan mengajarkan apa yang sekiranya perlu diajarkan kepada karyawan anda. Dengan begitu disamping hal itu akan meningkatkan kinerja perusahaan anda, tapi juga akan membuat karyawan anda benar-benar memberikan penghormatan kepada anda, karena telah mau mengajarkan sesuatu yang mereka perlukan.

Demikian hal-hal yang perlu anda ketahui sebelum membuka penjualan tiket online. Semoga pemaparan tentang kiat sukses dan persyaratan terkait bisnis tiket online ini bermanfaat bagi anda.

 

 

Tinggalkan Balasan