Ide Bisnis dan Tips Membuka Salon Kecantikan yang Laris Manis

Trend fashion yang makin menggila akan selalu beriring dengan munculnya berbagai macam jasa perawatan tubuh, seperti salon kecantikan. Meskipun sudah banyak yang masuk ke peluang bisnis ini, tapi tetap saja, salon kecantikan yang baru muncul tetap laku di pasaran. Wajar, mengingat hampir semua wanita di dunia ini mengidamkan kecantikan, sehingga segala hal yang berkaitan dengan kecantikan seolah menjadi kebutuhan primer.

Ide usaha yang berkaitan dengan hal ini pun akan selalu laku di pasaran. Meskipun ide bisnis ini peluang suksesnya cukup besar, akan tetapi kalau tidak dikerjakan secara profesional maka akan tergerus oleh bisnis salon kecantikan yang lainnya. Kita harus jelas apa yang perlu diketahui dan dikerjakan sebelum membangun bisnis ini. Kalau dalam artikel yang lalu kami memaparkan perihal usaha-usaha yang cocok untuk mahasiswa secara global dan kurang mendetail. Dalam tulisan kali ini, kami akan jelaskan secara cukup terperinci.

membuka salon kecantikan

Syarat dan Tips Membuka Salon Kecantikan

Sebelum membuka suatu salon kecantikan tentunya memerlukan persiapan-persiapan yang matang, agar ide usaha yang dijalani ini benar-benar bisa menghasilkan, bukan hanya membuang modal secara sia-sia.

  1. Anda harus punya keterampilan tentang merawat dan mempercantik tubuh.

Untuk membuka usaha salon kecantikan hal paling penting yang harus dikuasai adalah skill (keterampilan) dan pengalaman dalam hal ini. Jangan sampai anda mencoba usaha ini tanpa anda memiliki pengetahuan yang memadai. Karena hal ini berkaitan dengan keterampilan yang berhubungan dengan kepuasan pelanggan.

Jika anda belum mempunyai sklil yang berhubungan dengan bidang ini, tidak ada salahnya anda belajar dulu di tempat kursus kecantikan terpercaya yang biasanya biayanya sekitar Rp. 500.000 – 5 jutaan, atau bisa juga magang atau menjadi karyawan di salon kecantikan yang sudah terkenal kualitasnya. Dengan begitu anda bisa mempelajari teknis-teknis yang berkaitan dengan dunia kecantikan.

Kalau anda terburu-buru membangun bisnis ini tanpa pertimbangan kemampuan anda akan dunia ini, maka akibatnya bisa fatal. Saat pelanggan anda tidak puas dengan hasil kerja salon kecantikan anda, maka hal itu akan menjadi pemicu kebangkrutan usaha anda. Menyia-nyiakan modal yang telah anda investasikan dalam peluang bisnis ini.

  1. Memilih lokasi salon yang strategis

Kalau bisnis salon anda ingin cepat dikenal orang maka anda harus bisa memilih lokasi yang strategis, yang mudah dicapai orang. Meskipun keahlian anda dalam hal perawatan dan kecantikan sangat bagus, akan tetapi jika anda memilih tempat usaha saat awal usaha anda di tempat yang jarang dilewati orang maka akan sulit bagi salon anda untuk bisa cepat terkenal. Anda bisa memilih tempat-tempat yang berada di area perkantoran, pusat perbelanjaan, sekitar sekolahan dan area-area lainnya yang sekiranya banyak dikunjungi orang.

usaha salon kecantikan

  1. Berikan keramahan kepada pelanggan

Siapa pun pasti suka kepada orang yang ramah, bukan sekadar keramahan yang basa-basi, tapi ramah yang alami. Ketika kita membuka usaha apapun, terutama usaha yang bergerak dalam bidang jasa seperti salon kecantikan, maka keramahan sangatlah penting. Dengan suatu keramahan maka pelanggan anda akan merasa nyaman untuk menyerahkan perawatan kecantikannya kepada anda dan untuk terus menjadi pelanggan anda. Oleh karena itu, anda harus belajar berkomunikas dengan baik, sehingga ucapan dan sikap anda membuat pelanggan anda merasa suka.

  1. Siapkan alat-alat dan bahan yang dibutuhkan bagi salon kecantikan

Di antara alat-alat dan bahan yang perlu persiapkan adalah:

Kursi khusus salon 3 unit @ Rp.1.000.000
Pemanas khusus rambut 1 unit @ Rp.2.000.000
Dipan untuk facial 2 unit @ Rp.2.000.000
Meja serta pancuran cuci rambut 2 unit @ Rp.1.500.000
Hairdryer 3 unit @ Rp.300.000
Cermin yang besar 3 unit @ Rp.300.000
Troli peralatan salon 1 unit @ Rp.1.000.000
Peralatan salon seperti sisir, gunting, handuk, manicure-pedicure 1 unit @ Rp.2.000.000
Lemari kaca 1 unit @ Rp.2.500.000
Bahan-bahan seperti shampo, cream, pelembab, tonic, dlsb, 1 paket @ Rp.5.000.000

Sedangkan peralatan-peralatan lain yang berkaitan dengan tempat adalah, lemari dinding, hiasan dinding, cat tembok yang cocok untuk salon, air panas dan dingin, lampu biasa dan hias.

Demikian hal-hal yang dibutuhkan bagi anda yang ingin membuka usaha di bidang salon kecantikan. KonsultasiBisnis.com yakin jika hal-hal di atas terutama syarat-syarat yang paling urgen sudah terpenuhi, setelah itu semua kembali ke pelayanan anda. Semakin nyaman pelanggan berada di salon anda maka semakin laris lah usaha anda. Semoga berhasil!

Tinggalkan Balasan