Jangan Salah! Menjadi Penulis juga bisa Menghasilkan Banyak Uang lho

Keluhan kebanyakan orang ketika akan merealisasikan suatu ide bisnis adalah ketiadaan modal, padahal banyak sekali pengusaha-pengusaha yang kesuksesannya berawal dari ketiadaan modal. Terdapat pula peluang usaha yang tanpa modal untuk memulainya. Di antaranya adalah menjadi penulis.

Mirip seperti peluang bisnis pada budidaya semut Jepang yang tidak memerlukan modal besar, untuk menjadi seorang penulis juga tidaklah terlalu membutuhkan modal yang terlalu banyak. Bahkan ada yang tanpa modal sama sekali, cukup hanya berbekal skill menulis dan pengetahuan terkadang seseorang sudah bisa menghasilkan uang yang lumayan banyak.

Memang tidak mudah untuk menjadi penulis bagi orang yang belum terbiasa, akan tetapi bagi orang yang sudah terbiasa, menulis adalah suatu pekerjaan yang sangat sederhana, tidak sulit. Biasanya yang sulit adalah apabila menulis hal-hal yang memerlukan pemikiran mendalam seperti menulis buku ilmiah, novel dan lain-lain. Dan biasanya, semakin berat isi dari suatu tulisan maka harga dari tulisan tersebut ketika sudah dicetak menjadi buku juga makin mahal.

Salah satu jenis bacaan agak berat yang sampai saat ini digemari banyak orang adalah novel yang termasuk dalam kategori karya sastra. Tidak semua novel bisa disebut sebagai suatu karya sastra karena ada juga novel yang isinya sangat jauh untuk bisa disebut karya sastra, cenderung asal-asalan.

penulis freelance

Salah satu keuntungan menjadi seorang penulis adalah bisa bebas melakukan pekerjaannya dimana saja dan kapan pun. Asalkan situasi dan kondisi nyaman untuk menulis maka sudah bisa langsung bekerja. Meskipun begitu, seorang penulis juga harus memperhatikan hal-hal penting terkait kenyamanan dalam menulis, seperti kursi dan meja yang nyaman, ruangan yang enjoy dan lain-lainnya, supaya ia bisa mengekspresikan segala yang ada dalam pikirannya secara tolalitas dan tetap terjaga kesehatannya.

Dalam artikel ini KonsultasiBisnis.com akan memaparkan beberapa bidang kepenulisan yang kiranya bisa dimasuki sebagai suatu cara mencari uang sehingga bisa menjadi usaha sampingan atau bahkan usaha utama anda.

 

  1. Menjadi Seorang Penulis Novel

penulis novelTentunya anda pernah membaca novel-novel lokal seperti Wiro Sableng 212 karya Bastian Tito, Bukek Siansu karya Khopingho, Api di Bukit Menoreh karya SH Mintarja, Trilogi Pajajaran karya Aan Merdeka Permana, dan novel-novel lainnya yang berasal dari mancanegara seperti novel Da Vinci Code karya Dan Brown, Harry Potter karya JK Rowling, dan The Mysterious Affair at Styles karya Agatha Christie. Yang perlu anda ketahui, dari menulis novel-lah para penulis novel ini mendapatkan penghasilan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Tidak mengecewakan bukan, ternyata menulis novel pun bisa menjadi sumber mata pencaharian yang menghasilkan. Biasanya orang ketika menulis novel pertama kalinya memang akan mengalami kegagalan, akan tetapi dengan berproses tulisannya makin lama akan makin bagus dan indah, makin renyah untuk dibaca. Dan ketika anda sudah mendapatkan pelanggan bagi novel-novel anda, maka anda sudah tidak perlu khawatir novel anda tidak terbeli, bahkan penerbit-penerbit pun akan antri untuk dapat mencetak novel anda.

 

  1. Menjadi Seorang Penulis Artikel

penulis bebasSelain menjadi seorang penulis novel, bagi anda yang tidak ada waktu banyak untuk menulis tapi mempunyai ide-ide keren yang ingin disalurkan, maka menulis artikel di media massa seperti koran adalah suatu hal yang patut anda coba.

Apabila tulisan anda berhasil diterima oleh media tersebut untuk dipublikasikan, biasanya anda akan mendapatkan honor dari publikasi tersebut. Bahkan bisa sampai jutaan rupiah. Lumayan bukan, disamping berkesempatan melepaskan ide yang kalau disimpan bisa menjadi bisul, selain itu juga mendapatkan penghasilan dari menulis artikel.

Honor yang diberikan oleh media-media yang berkenan mempublikasikan bervariasi, ada yang 500 ribu rupiah, ada yang 300 ribu rupiah, juga ada yang 1 jutaan lebih. Umumnya tergantung besar atau kecilnya suatu media. Untuk media sekelas Kompas dan Tempo kemungkinan lumayan besar. Biasanya semakin terkenal suatu media, maka makin besar juga honor yang anda dapatkan.

Di samping menjadi seorang penulis artikel di media massa anda bisa juga menjadi seorang freelance writer yang menulis artikel untuk para pemilik blog atau yang biasa disebut sebagai blogger. Para penulis konten untuk blog ini biasa disebut sebagai content writer. Dengan menjadi seorang content writer anda akan mendapat bayaran kira-kira 10.000 rupiah per artikel dengan kata-kata (word) sekitar 300-an ke atas.

 

  1. Menjadi Seorang Penulis Puisi, Pantun, Cerpen, Cerbung, dan lain-lain.

menjadi penulis lepasDengan menjadi penulis salah satu dari jenis karya tulis di atas, anda dapat mengantongi penghasilan hanya dengan menulis, meskipun penghasilan yang didapat lebih rendah dari kita menulis novel. Karena orang-orang mempunyai kecenderungan lebih suka membaca novel.

Meskipun begitu, kalau ternyata puisi, cerpen, cerbung, pantun dan lain-lain yang anda tulis, anda kirimkan ke media massa ternyata diterima dan dipublikasikan, maka akan mendapatkan hasil yang lumayan besar hingga ratusan ribu rupiah. Lumayan bukan, untuk ukuran suatu tulisan pendek. Makin populer media yang mempublikasikan karya anda makin besar pula honor yang anda dapatkan.

Apabila anda setelah membaca artikel ini tiba-tiba berkeinginan menjadi seorang penulis, maka segeralah untuk berlatih. Kepiawaian, kecepatan, dan keindahan dalam menulis biasanya tergantung ‘jam terbang’. Makin sering seseorang menulis maka akan bagus tulisannya. Tidak beda dengan seorang yang berlatih pedang, makin sering berlatih maka akan makin piawai dalam menggerakkan pedangnya.

Adakalanya menjadi seorang penulis memang menjenuhkan, tapi ketika dengan menulis dan kemudian tulisan anda diapresiasi banyak orang entah dalam bentuk moril; yakni banyaknya yang membaca tulisan anda, ataupun materiil yakni dengan menulis anda mendapatkan penghasilan, maka biasanya hal itu akan memicu kembali seseorang untuk semangat penulis.

Sudah banyak contoh orang-orang yang bisa membiayai kehidupannya dengan menulis. Jadi jangan khawatir, jika tadinya anda takut apabila menjadi seorang penulis maka akan kesulitan mencari nafkah, maka sekarang tidak perlu lagi khawatir. Banyak jalan yang bisa ditempuh oleh seorang penulis untuk mendapatkan uang. Asalkan anda cepat tanggap dalam melihat peluang bisnis di bidang kepenulisan yang ada.

 

Tinggalkan Balasan