Tips Ampuh Cara Aman Berbelanja Online di Internet

Dengan semakin maraknya bisnis online saat ini, seolah-olah telah menyihir masyarakat untuk beralih ke dunia online termasuk berbelanja. Tidak hanya toko online saja, tapi beragam bisnis online seperti investasi online, tiket online, dan lainnya telah menjadi tren bisnis saat ini.

Pada artikel sebelumnya, kami telah mengulas panjang lebar tentang ide bisnis baju online yang hasilnya menggiurkan! Dan kiat sukses yang harus anda ketahui sebelum membuka bisnis tiket online. Kali ini KonsultasiBisnis.com akan menyajikan bagaimana cara yang aman saat berbelanja online di internet.

Karena selain mempermudah orang untuk berbelanja dan menghemat waktu tanpa harus bolak-balik ke toko demi mencari kebutuhan, toko dan jasa online juga sering kali menawarkan berbagai kelebihan dan potongan harga.

Hanya dengan meng-klik mouse maupun menyentuh layar, anda dapat membeli berbagai kebutuhan secara online – mulai dari kebutuhan rumah tangga hingga barang mewah, bahkan untuk layanan jasa seperti pemesanan tiket, hotel, pembayaran listrik dan sejenisnya pun tak ketinggalan.

Nah, sangat mudah dan menyenangkan bukan? Tapi jangan lupa bahwa segala sesuatu pasti ada risikonya, termasuk berbelanja online. Alih-alih ingin menghemat waktu dan tenaga untuk berbelanja, tapi malah jadi korban penipuan, entah barangnya tidak sampai di tangan atau barangnya tidak sesuai dengan yang tertera di laman.

tips aman belanja online

Untuk menghindari hal semacam itu, tidak ada salahnya kan anda mencoba tips ampuh cara aman berbelanja online di internet berikut ini:

  1. Be secure.

Pada umumnya kartu kredit adalah jenis pembayaran yang paling banyak digunakan ketika berbelanja online. Untuk itu, anda harus mengingat bahwa kartu kredit anda bersifat statis. Artinya, nomor yang tertera tidak akan berubah kecuali anda menutup dan membuka akun baru. Hal inilah yang perlu diperhatikan, karena ketika informasi akun anda bocor secara online, besar kemungkinan bisa disalahgunakan oleh pihak yang tak bertanggung jawab.

Ada cara yang bisa anda lakukan untuk meminimalkan potensi kebocoran informasi tersebut, salah satunya dengan memastikan situs jual-beli online termasuk laman aman. Anda bisa mengamatinya dengan mencari icon gembok kecil yang biasanya terdapat pada pojok kanan atas URL bar.

Anda juga bisa memastikan keamanan sebuah situs dari tambahan huruf “s” pada alamat URL. Sebuah situs yang aman akan diawali dengan https:// (Hypertext Transfer Protocol Secure), sementara laman yang belum terjamin keamanannya biasanya berawalan http://.

  1. Teliti laman sebelum membeli.

Biasakan untuk melakukan transaksi dengan perusahaan atau toko online yang telah anda kenali. Kalaupun akan melakukan pembelian dari situs yang masih asing, pastikan anda melakukan penelitian kecil mengenai keaslian toko online tersebut.

Jika toko online tersebut terpercaya, maka akan melampirkan alamat fisik atau minimal nomor telepon yang bisa dihubungi. Anda dapat menghubungi nomor yang tertera untuk memastikan keasliannya, lalu tanyakan kepada mereka tentang transaksi jual-beli seperti cara toko online melayani komplain maupun pengembalian barang.

tips bisnis online

  1. Kredit atau debit.

Bertransaksi online memang paling nyaman jika menggunakan kartu. Akan tetapi, anda sebaiknya menggunakan kartu kredit. Karena kartu kredit merupakan ekstensi dari kredit, sedangkan kartu debit langsung mengambil uang dari akun bank anda. Tentu saja ini sangat berisiko, sebab jika informasi tersebut bocor, hacker dapat dengan mudah mengacaukan keuangan anda.

  1. Jangan sembarangan memberikan informasi.

Ketika akan melakukan transaksi pembelian, biasanya anda diminta untuk mengisi beberapa data yang diperlukan seperti nama dan alamat. Terkadang ada beberapa toko online yang berusaha mendapatkan informasi lebih sebagai strategi meningkatkan penjualan, seperti gaya hidup hingga pemasukan tahunan.

Jangan pernah menjawab pertanyaan yang dirasa mencurigakan. Kalaupun menemukan yang seperti itu, lebih baik tinggalkan dan carilah toko online yang lain.

tips belanja di online shop

  1. Simpan password dengan baik.

Banyak situs toko online mengharuskan setiap konsumen untuk log-in sebelum melakukan transaksi yang dilengkapi dengan username dan password. Buatlah password yang cukup sulit dan jangan tunjukkan pada orang lain untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tak diinginkan.

  1. Simpan salinan pesanan anda.

Ketika anda tertarik dan memutuskan untuk membeli, anda biasanya akan mendapatkan konfirmasi mengenai detail transaksi, mulai dari harga hingga syarat pengembalian. Simpanlah berkas ini dengan baik hingga barang pesanan sampai di tangan, agar anda dapat meminta pertanggungjawaban jika terjadi sesuatu dengan pesanan anda.

Pada dasarnya, bertransaksi melalui laman jual-beli online adalah seni berbelanja yang sangat menyenangkan. Anda juga akan mendapatkan kepuasan yang tak kalah dengan membeli di toko-toko biasa, asal semuanya dilakukan dengan cermat dan hati-hati.

Seperti halnya berbelanja pada umumnya, di toko online juga terdapat persaingan harga. Jangan lupa untuk selalu membanding-bandingkan harga antar toko online agar mendapatkan penawaran terbaik.

Itu tadi tips ampuh cara aman berbelanja online di internet. Tidak ada salahnya kan anda waspada, seperti kata pepatah ‘sedia payung sebelum hujan’. Selamat berbelanja online yang aman, nyaman dan mudah. Semoga tips di atas bermanfaat!

Tinggalkan Balasan